Bupati dan Wabup Boltim Tandatangani Pakta Integritas WBK dan WBBM

BOLTIM—Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto didampingi Wakil Bupati Oscar Manoppo, menghadiri sekaligus memimpin penandatanganan pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Senin (26/7).

Kegiatan yang digelar di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Boltim ini, turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Sonny Warokka, para pimpinan SKPD, para Camat se Kabupaten Boltim, perwakilan Tokoh Masyarakat, Pengusaha serta perwakilan unsur Pers.

Melalui sambutannya Sachrul menyampaikan, salah satu indikator sebuah daerah dikategorikan telah melaksanakan prinsip pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa (Good Governance dan Clean Government) adalah apabila mampu memberikan pelayanan publik secara prima.

“Hal itu dapat direalisasikan apabila terdapat akuntabilitas dan pertanggungjawaban hukum yang jelas. Menggambarkan hubungan antara penggunaan keuangan negara, SDM dengan pelaksanaan dan langkah kebijakan serta keluaran dan hasil yang dapat diwujudkan sesuai dengan bidang tugas dan fungsi masing-masing,” ujarnya.

Dimana lanjut Sachrul, semuanya memerlukan dukungan dari aparat pemerintah daerah yang memiliki keterampilan handal, bertanggung jawab, disiplin serta memiliki moral dan integritas yang terpuji.

“Pakta integritas ini diharapkan dapat membentuk dan membina sikap mental setiap PNS, meningkatkan kinerja, juga dapat mencegah terjadinya penyimpangan termasuk dalam penggunaan anggaran pemerintah daerah yang mengarah pada terjadinya tindak pidana Korupsi, Kolusi dan Nepotisme,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Boltim, Rusmin Mamonto, usai melakukan penandatangan zona integritas, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Pemkab Boltim.

“Tentunya hal ini sangat baik untuk dilaksanakan sebagai salah satu cara mencegah terjadinya pratek KKN, sekaligus sebagai wadah dalam membentuk PNS yang berintegritas tinggi dan barkatakter dinamis,” ungkap Rusmin.

Kegiatan pencanangan zona integritas Pemkab Boltim tersebut berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan  Covid-19.

(Advertorial)

Komentar