Bolmong Sabet Juara II Ajang NSIC 2021

BOLMONG – Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menjadi pemenang kedua pada kegiatan North Sulawesi Investment Challenge (NSIC) 2021, Rabu (6/10).

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey ikut menyerahkan hadiah pada tiap pemenang, pada acara Investor Forum Provinsi Sulut yang didampingi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulut Arbonas Hutabarat, Deputi Bidang Pengendalian Penanaman Modal Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Imam Soejoedi dan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulut Edwin Silangen.

Kegiatan yang digelar di Hotel Four Points Manado, Ball Room Lantai III, diselenggarakan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulut bersama BI Sulut, turut dihadiri, jajaran Direktur Kementerian Investasi BKPM RI, unsur perangkat daera se-Provinsi Sulut, para investor maupun pelaku usaha.

Adapun kegiatan tersebut, digelar dalam rangka optimasi dan kapasitas pemerintah daerah dalam mengelola potensi investasi di Sulut.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Olly Dondodokambey ikut mengucapkan selamat kepada Kabupaten/Kota yang telah berhasil memenangkan kompetisi penyusunan studi pendahuluan.

Olly pun mengatakan, pada prinsipnya, penyelenggaraan pemerintahan di Sulut khususnya di bidang penanaman modal, akan diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat, melalui peningkatan pelayanan dan kinerja investasi yang berkualitas untuk membangun Indonesia dari Sulawesi Utara.

“Yang diperlukan hanyalah, komitmen dan konsistensi. Karena itu, Saya mengajak seluruh pelaku usaha yang hadir, para stakeholder pembangunan, KADIN, APINDO, Akademisi, untuk dapat bersinergi, bahu membahu, melangkah bersama mencapai tujuan dalam membangun daerah Sulut,” ajak Gubernur dua periode Olly Dondokambey.

Diketahui, Pemkab Bolmong sendiri diwakili Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Sek DPMPTSP) Ni Wayan Miniastuti, Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sucipto Mokoginta.

Adapun pelaksanaan Capacity Building, dimana masing-masing daerah menciptakan Project Profiling yang kemudian dilanjutkan dengan menyusun studi pendahuluan proyek investasi dengan menggunakan skema kerjasama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Selanjutnya, masing-masing project studi pendahuluan proyek investasi dipresentasikan untuk dinilai para juri yang berasal dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia dan PricewaterhouseCoopers (PwC), pada final stage North Sulawesi Investment Challenge, yang diselenggarakan (5/10).

Pada kegiatan final stage tersebut, merupakan tahapan presentasi akhir studi pendahuluan yang dilakukan secara online.

Dirangkum awak media, sebelumnya, rangkaian kegiatan NSIC tersebut, telah diawali Kick off Meeting pada (12/3). Kemudian dilanjutkan dengan Capacity Building North Sulawesi Investment Challenge 2021, yang telah dilaksanakan pada tanggal 22-25 Mei 2021.

Dimana dalam kegiatan itu, tiap Kabupaten/Kota diikuti masing-masing 2 orang peserta, yang berasal dari Bappeda dan DPMPTSP.

 

(Yudi Paputungan)

Komentar