Wali Kota Buka Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits Ke-VII

KOTAMOBAGU—Wali Kota Kotamobagu Ir Tatong Bara membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) Ke-VII tingkat Kota Kotamobagu, yang digelar di Lapangan Mini Kelurahan Matali, Sabtu 3 April 2021.

Wali Kota Ir Tatong Bara melalui sambutannya mengatakan, seleksi yang mulai dilaksanakan pada malam hari ini, bukanlah sebuah perlombaan semata.

“Lebih dari itu, kegiatan ini bertujuan untuk lebih memperdalam arti dan makna serta nilai-nilai yang terkandung di dalam kitab suci Al Qur’an, sebagai pedoman bagi umat islam dalam menjalani kehidupan sehari-hari,” ujar Wali Kota.

Dikatakan, pemahaman tentang arti dan makna yang terkandung dalam Al-Qur’an sangat penting bagi seluruh umat islam. Karena mengandung nilai keimanan, ahlak serta aturan cara hidup baik sebagai individu, maupun tata cara hidup sebagai mahluk sosial.

Lanjutnya lagi, Kitab suci Al Qur’an merupakan petunjuk dan hidayah ilahi yang diberikan kepada umat manusia agar mengetahui mana yang hak dan mana yang bathil, serta mana yang dapat dikerjakan maupun yang dilarang.

“Olehnya harus kita pahami, hayati dan amalkan sebaik-baiknya dalam rangka membentuk kepribadian, akhlak serta moralitas. Sehingga kehidupan kita akan sesuai dengan nilai dan norma yang terkandung dalam Al Qur’an,” ujarnya.

Melalui STQH ini, Wali Kota pun berharap akan bisa melahirkan Qory dan Qori’ah serta Hafidz dan Hafidzah yang berkualitas, amanah dan berprestasi sehingga mampu mengharumkan nama Kota Kotamobagu pada pelaksanaan STQH tingkat Provinsi nanti.

“Selamat mengikuti seleksi kepada peserta sekalian. Juara bukan utama, tapi memaknai kandungan Al Qur’an itu sendiri yang jadi tujuan. Pun halnya bagi para juri diharapkan agar mengedepankan profesionalitas serta sportifitas dalam menjalankan amanah sebagai tim penilai,” tandasnya.

Pemukulan Bedug oleh Wali Kota Ir Tatong Bara menandai dimulainya seleksi bagi putra-putri terbaik Kota Kotamobagu ini.

Turut hadir dalam acara pembukaan, Ketua DPRD Meiddy Makalalag beserta sejumlah anggota, Kapolres Kotamobagu AKBP Prasetya Sejati SIK, instansi Vertikal , Sekda Ir Sande Dodo MT, para Asisten serta pimpinan OPD lingkup Pemkot Kotamobagu.

(*/Erwin Makalunsenge)

Komentar