Tahun ini, Rp2 Miliar untuk Sarana Prasarana Pendukung Perpustakaan Kotamobagu

BNews, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, tahun 2023 mengalokasikan anggaran untuk lanjutan pembangunan Gedung Perpustakaan Kota Kotamobagu.

Menurut Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kotamobagu, Ham Rumoroy, saat ini sedang merampungkan dokumen pekerjaan.

“Sementara penyusunan HPS, setelah selesai maka secepatnya semua dokumen masuk ke ULP untuk dilelang,” kata dia, Senin (20/2/2023).

Ham menuturkan pihaknya menargetkan, penyusunan dokumen paket pekerjaan landscape tersebut selesai pada pekan ini.

“Muda-mudahan Minggu ini selesai, karena kami masih turun ke lapangan untuk melakukan survey terkait harga material, sebab mekanisme penyusunan HPS harus dan wajib melakukan survey harga,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk paket pekerjaan sarana prasarana pendukung gedung Perpustakaan Daerah tersebut, pihaknya mengalokasikan anggaran kurang lebih sebesar Rp2 miliar pada tahun ini.

“Adapun cakupan pekerjaan meliputi pembuatan pagar, taman, paving, lampu halaman, kafetaria serta rehab patung. Sedangkan informasi teknologi meliputi pengadaan perpustakaan digital serta fasilitas penunjang seperti computer serta wifi gratis yang diperuntukan bagi pengunjung perpustakaan,” terangnya.

Sementara itu, Ucok Siregar salah satu Pemuda Desa Bilalang Satu, Kecamatan Kotamobagu Utara, sangat mengapresiasi adanya Gedung Perpustakaan di Kotamobagu.

“Semoga dengan adanya Gedung Perpustakan di Kotamobagu dapat meningkatkan lagi minta baca dan literasi masyarakat di Kotamobagu,” harapnya.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar