Raih Predikat WBK dari Kemenpan RB, Plt Kanwil Jonny Simamora: Imigrasi Kotamobagu Layak Mendapatkannya

KOTAMOBAGU Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu berhasil memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupasi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Kantor Imigrasi Non TPI Kotamobagu dinilai Kemenpan RB layak disematkan predikat dengan pelayanan yang bebas dari korupsi, karena pelayanan di Kantor Imigrasi Kotamobagu semuanya transparansi. Baik itu transparan secara visual maupun fisik.

Tentu, capaian yang didapat Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu mendapatkan apresiasi dan ucapan selamat dari Plt Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sulawesi Utara (Sulut) Jonny Pesta Simamora.

“Tentu saya memberikan apresiasi kepada teman-teman Imigrasi apa yang didapat dan mengucapkan selamat atas capaian yang diraih,” kata Plt Kakanwil Jonny Simamora, Selasa (21/12), di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu.

Dihadapan media ini, ia mengungkapkan, capaian Kantor imigrasi Kotamobagu butuh perjuangan besar, sehingga membuahkan hasil. Predikat WBK dari Kemenpan RB pun diperoleh.

Menurutnya, pencapaian Kantor Imigrasi Kotamobagu merupakan salah satu satker terbaik di wilayah Kemenkumham Sulut yang berhasil memperoleh predikat WBK.

“Tentu komitmen ini yang harus dijaga teman-teman imigrasi, kemudian dapat ditingkatkan agar bisa terwujud pelayanan kelas dunia,” ujarnya.

Disamping itu, Jonny Simamora juga berharap, agar prestasi ini dapat meningkatkan komitmen pegawai imigrasi, untuk memberikan pelayanan yang bersih, profesional, akuntabel, dan berprinsip pada nilai-nilai good governance, serta dapat menjadi pemicu untuk meraih layanan kelas dunia.

“Kita harus berbangga dan bersyukur. Ini merupakan keberhasilan kita bersama, terlebih ini merupakan proses yang terjadi tidak serta merta hanya begitu saja, namun apa yang dikerjakan satker dilakukan dari awal tahun, mulai pembentukannya bukan hanya pengumpulan kegiatan dan dokumen, namun ini harus adanya indep seluruh personil di kantor ini, terlebih pada pelayanananya,” harapnya.

Dirinya menjelaskan, pembangunan WBK bermuara pada kualitas pelayanan publik. Jika melihat secara visual saja, namun berbagai perubaha-perubahan yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kotamobagu.

“Saat ini juga layanan transparansi sangat perlu. Setiap orang yang datang kesini baik itu WNI dan WNA bisa dengan mudah melihat seluruh layanannya, mulai dari ruang informasi dan ruang layanan ditempat yang sama, semuanya tampak segar,” jelasnya.

Lanjutnya, pekerjaan imigrasi semua secara transparansi dan semua dilakukan secara elktronik, jadi bukan hanya saja di indonesia tapi seluruh perwakilan dunia.

“Jadi seluruh pekerjaan teman-teman disini, berada dalam satu sistem layanan yang dikenal dengan sisitem informasi manajemen imigarasi atau sistem informasi secara terpadu,” terangnya lagi.

Sehingga, Kakanwil Keimigrasian Sulut tak memungkiri, jika Kantor Imigrasi Kotamobagu berhasil meyakinkan dirinya, menjadi layanan yang layak disematkan predikat WBK.

“Tentu kami memberikan semangat dan dorongan kepada teman-teman Imigrasi Kotamobagu apa yang telah dicapai,” ucapnya.

“Terlebih Imigrasi Kotamobagu, pegawainya kompak bekeja dan memberikan yang terbaik, apalagi mampu menciptakan inovasi –inovasi, diantaranya tempat layanan keimigrasian di Pelabuahan Labuan Uki dan PT CONS,” sebutnya.

Disamping itu, adanya layanan Eazy Passport di Kantor Imigrasi Kotamobagu.

“Siapa saja yang mau dilayani di tempat masing-masing diberikan kemudahan. Ingat siapa saja bisa mengurus passport,” imbuhnya.

Kakanwil Kemenkumham Sulut Jonny Simamora menyampaikan, pada pokoknya Kantor Imigrasi Kotamobagu memberikan pelayanan yang maksimal dan kemudahan kepada masyarakat, terlebih di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Raya.

“Tentu ini merupakan capaian besar untuk Kantor Imigrasi Kotamobagu,” tandasnya.

Jonny Simamora menyebutkan, ada dua satker Kanwil Kemenkumham Sulut yang berhasil meraih predikat WBK, diantaranya, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu dan Balai Diklat Hukum dan HAM Sulut.

Adapun Plt Kakanwil Kemenkumham Sulut Jonny Pesta Simamora, didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Junita Sitorus beserta pejabat struktural Kanwil Kemenkumham Sulut, melakukan kunjungan kerja di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu dan diterima langsung Kepala Kantor Imigrasi Kotamobagu Usman beserta jajarannya.

 

(Yudi Paputungan)

Komentar