Jelang Idul Adha 1444 H, Ini yang Dilakukan Dispertarnak Kotamobagu

BNews, KOTAMOBAGU – Menjelang hari raya Idul Adha 1444 Hijriyah Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertarnak) Kota Kotamobagu, akan melakukan pemeriksaan hewan Kurban.

Kepala Dispertarnak Kotamobagu Fenty Dilasandi Mifta, mengatakan pemeriksaan hewan kurban itu dilakukan untuk memastikan kesehatan hewan yang akan disembelih tanggal 29 Juni 2023 nanti.

“Pemeriksaan akan dilakukan pada H-3 sebelum dan sesudah lebaran Idul Adha. Setiap tahun kami rutin lakukan Untuk memastikan Hewan kurban itu sehat untuk disembelih,” katanya.

Dikatakannya, pemeriksaan hewan ini penting dilakukan, sebab hewan yang akan di kurban nanti akan dikonsumsi masyarakat.

“Nantinya daging hewan kurban itu akan dibagi-bagikan ke masyarakat yang berhak menerima, kemudian akan dikonsumsi oleh masyarakat, sehingga ini wajib uji kesehatan, kelayakan hewan kurban tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, drh. La Ode Maksar Muhuruna yang merupakan dokter hewan di Dispertarnak Kotamobagu mengatakan ada 2 jenis pemeriksaan yang akan dilakukan nanti, yakni antemortem dan postmortem.

“Antemortem ialah pemeriksaan kesehatan hewan potong sebelum disembelih, untuk mendeteksi ada tidaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), penyakit mata dan Lumpy Skin Disease (LSD) atau penyakit kulit pada hewan,” kata La Ode.

Lanjutnya, setelah hewan kurban disembeli masih akan dilakukan pemeriksaan postmorten.

“Setelah hewan kurban dipotong akan dilakukan pemeriksaan oragan-organ tertentu dan tanda-tanda penyakit berbahaya pada daging, hati, limpa, jantung, paru-paru dan usus hewan,” tandasnya.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar