Ini yang Dilakukan Pemkot Kotamobagu untuk Sukseskan Pemilu 2024

BNews, KOTAMOBAGU – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu memberikan dukungan maksimal untuk mensukseskan demokrasi lima tahunan tersebut.

Asisten I Pemerintahan Kotamobagu, Nasli Paputungan menyatakan bantuan dan fasilitasi yang diberikan Pemkot Kotamobagu sesuai aturan dalam Pasal 434 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Bentuk bantuan dan fasilitasi Pemkot Kotamobagu seperti, penugasan personel pada sekretariat PPK, Panwaslu Kecamatan, dan PPS, penyediaan sarana ruangan sekretariat PPK dan PPS.

Selain itu memberikan dukungan pelaksanaan sosialisasi terhadap peraturan perundang-undangan, memberikan dukungan pelaksanaan pendidikan politik bagi pemilih untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu.

“Serta kelancaran transportasi pengiriman logistik, pemantauan kelancaran penyelenggaraan pemilu, kegiatan lain yang sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan Pemilu,” kata Nasli.

Terpisah, Kapolres Kotamobagu AKBP Dasveri Abdi SIK mengatakan, untuk mensukseskan penyelenggaran Pemilu 2024, dibutuhkan adanya pera serta dari Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling).

“Satkamling memiliki peran sentral dalam memelihara Kamtibmas terlebih kita akan menghadapi pemilu tahun 2024,” ujarnya.

Dasveri juga berpesan kepada Satkamling harus betul-betul menjadi cooling system di lingkungan masing-masing.

“Jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama,” tegasnya.

Dia juga menegaskan, Polres Kotamobagu bersama-sama mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi.

“Karena keberhasilan ini akan menjadi lompatan besar bagi Indonesia untuk mewujudkan demokrasi yang mapan dalam menyongsong visi Indonesia emas yang kita cita-citakan bersama,” tandasnya.

Sementara itu, Anggota KPU Kotamobagu, Divisi Teknis Penyelenggara, Asep Sabar mengatakan DPT Kotamobagu telah ditetapkan.

Penetapan DPT ini dilakukan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi DPSHP Akhir dan penetapan DPT tingkat Kota Kotamobagu pada Selasa 20 Juni 2023.

“Ditetapkan DPT Kota Kotamobagu berjumlah 90.827, dengan rincian Kotamobagu Utara 12.732, Kotamobagu Timur  22.780, Kotamobagu Selatan 24.376 dan Kotamobagu Barat 30.939,” tandasnya.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar