Dispertanak Tingkatkan Populasi Sapi

BOLMONGNEWS.COM, Kotamobagu–Pola Inseminasi Buatan (IB) melalui Program Sapi dan Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Sikomandan) segera di luncurkan oleh Kemeterian Pertanian.
Program tersebut nantinya menjadi rujukan dan akan diterapkan diseluruh daerah. Termasuk Kota Kotamobagu dalam rangka peningkatan jumlah populasi Sapi dan Kerbau.
“Nah ini yang nantinya akan kami terapkan di Kotamobagu, khususnya untuk ternak dalam rangka lebih meningkatkan populasi sapi dan peningkatan ekonomi para peternak sapi,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kotamobagu, melalu Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veternak (Kesmavet), Sri Anggraini,  Selasa (18/02/2020).

Ia menambahkan, Sikomandan merupakan lanjutan dari program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab). Dimana capaian program Upsus Siwab melalui pola IB, memberikan hasil yang sangat baik.

“Dari hasil evaluasi, program Inseminasi Buatan tersebut mampu meningkatkan populasi sekaligus mampu mensejahterakan peternak, itu lebih dari 60 ekor sapi yang berhasil,” tambahnya.(Ewin)

Komentar