Dispernaker Kembali Lakukan Pendataan IKM

KOTAMOBAGU— Pastikan bantuan tepat sasaran, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kota Kotamobagu, kembali melakukan pendataan bagi Industri Kecil Menegah (IKM) yang tersebar di wilayah Kota Kotamobagu.

“Saat ini kami sementara turun melakukan pendataan. Nantinya akan dilihat mana IKM yang masih berkembang atau IKM yang baru hadir. Selain itu, kami pun akan mendata IKM yang sudah pernah mendapatkan bantuan,” ungkap Kabid Industri Masita Buntuan, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis 15 April 2021.

Dikatakannya, untuk saat ini sedikitnya 84 IKM yang masuk dalam daftar penerima bantuan tersebut. Namun, jumlah yang ada masih akan dilakukan evaluasi.

“Bagi IKM yang nantinya akan mendapatkan bantuan, harus mengembangkan usahanya, karena ada fakta integritas yang akan ditanda tangani oleh bersangkutan terkait pengembangan usaha. Ini adalah bagian dari tugas kami dalam melakukan monitoring, pembinaan sekaligus evaluasi,” tegasnya.

Terkait evaluasi, Masita menyebutkan akan dilakukan secara periodik, agar data yang diperoleh nantinya akan akurat. Tujuannya tidak lain untuk kemajuan IKM di Kotamobagu.

“Selain pendataan, Disperinaker Kotamobagu juga akan memberi pendampingan bagi IKM yang mengalami hambatan dalam mengembangkan usahanya atau pemasaran produk,” tandasnya. (*)

Komentar