Dinsos Kotamobagu Mulai Salurkan BST

KOTAMOBAGU – Kementrian sosial (Kemensos) Republik Indonesia. lewat Dinas Sosial (Dinsos) Kotamobagu mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST), Senin  (19/4).

Bantuan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) ini disalurkan kepada 5.252 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kotamobagu.

“Penyaluran hari ini dilakukan di dua tempat. Yakni di aula Kantor Wali Kota dan Kantor Pos Kotamobagu untuk Kecamatan Kotamobagu Barat. Besok penyaluran untuk Kecamatan Kotamobagu Selatan, kami juga salurkan di dua titik, yakni di Kantor Kecamatan Kotamobagu Selatan dan Kantor Pos Kotamobagu,” kata Kepala Seksi Identifikasi dan Penguatan Kapasitas Dinsos, Sandy Faryanto, saat ditemui di ruang kerjanya.

Lanjutnya, Kecamatan Kotamobagu Timur dan Utara disalurkan nanti pada hari Rabu dan Kamis. Kemudian untuk Kotamobagu timur disalurkan di dua tempat, yaitu di aula Kantor Wali Kota dan Kantor Pos Kotamobagu. Sedangkan Kotamobagu utara difokuskan hanya di satu titik, di Gedung Bontean.

“Sebenarnya ada 6.400 KPM yang akan menerima BST ini, tapi dikarenakan sebagian KPM ada yang teridentifikasi tidak masuk ke dalam data terpadu kesejahteraan sosial, dan hasil NIK (Nomor Induk Kepndudukan) yang tidak padan dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, jadi ada pengurangan KPM,”ujarnya.

Ia menjelaskan, penyaluran BST ini untuk bulan Maret dan April. Dimana masing-masing KPM akan menerima BST sebesar Rp 300.000 per bulan.

“Jadi total yang akan diterima KPM sebesar Rp 600.000 untuk dua bulan. Semoga dengan BST ini dapat mengurangi beban masyarakat yang terdampak covid-19,” tandasnya.

(Laras Dondo)

Komentar