Desa Bilalang Satu Raih Penghargaan Kotamobagu Bisa Award 2021

KOTAMOBAGU–Desa Bilalang Satu Kecamatan Kotamobagu Utara meraih penghargaan pada lomba Kotamobagu Bisa Award Tahun 2021.

Penghargaan diserahkan langsung Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara kepada Sangadi (Kepala Desa) Bilalang Satu, Badaria Ayo Mokoginta, di aula Kantor Wali Kota, Kamis (10/6) kemarin.

“Saya sebagai Sangadi Desa Bilalang Satu sangat bersyukur atas penghargaan ini. Award ini bukan semata hasil kerja keras pemerintah desa, namun merupakan kerja kolektif seluruh masyarakat Bilalang Satu yang mulai sadar akan pentingnya memelihara kebersihan dan kesehatan lingkungan,” kata Mokoginta, usai menerima penghargaan tersebut.

Ia menjelaskan, kebersihan lingkungan merupakan hal yang utama, dan untuk mewujudkan desa yang bersih, dibutuhkan komitmen serta kerjasama seluruh komponen masyarakat. Termasuk menerapkan aturan atau sanksi tegas bagi pelanggar yang membuang sampah tersebut.

“Ini yang harus selalu diingatkan kepada masyarakat jangan membuang sampah sembarangan,” jelasnya.

Lanjutnya, penghargaan yang di raih merupakan sebuah motivasi untuk menjadi lebih baik.

“Apa yang kami dapatkan sekarang ini menjadi dorongan untuk memaksimalkan kembali sejumlah program yang akan kami laksanakan nanti. Kami rencana buat program septik komunal serta program pembuatan WC untuk masyarakat yang belum memiliki WC,” pungkasnya.

Diinformasikan, Desa Bilalang Satu merupakan satu-satunya desa dalam dua tahun berturut-turut mendapatkan penghargaan untuk kompetisi Kotamobagu Bisa Award. Dimana proses penilaian yang dilakukan terkait dengan sanitasi. Yakni desa ramah lingkungan dan terbebas dari pencemaran sampah.

(*/Erwin Makalunsenge)

Komentar