Bupati Boltim Buka Kegiatan Penyusunan Standar Harga

BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Bupati Sam Sachrul Mamonto, secara resmi membuka kegiatan penyusunan standar harga Pemerintah Kabupaten Boltim, bertempat di Hotel Lagoon Manado, Rabu (16/06/2021),

Dalam berlangsungnya kegiatan yang diprakasai Badan Pengelolah Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Boltim tersebut, Bupati menyampaikan bahwa dalam melakukan pengelolaan keuangan Negara, yang merupakan aspek terpentingnya teletak pada kualitas perencanaannya.

“Salah satu tahapan yang terpenting dalam pengelolaan keuangan negara adalah tahap perencanaan. Kualitas pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah akan sangat dipengaruhi kualitas perencanaan yang dibuat,” ujar Bupati saat membuka kegiatan tersebut.

Buapti mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut, dapat meningkatkan efisiensi penempatan besaran anggaran yang nantinya akan dialokasikan dalam proses pembangunan kedepan, serta tidak membuang-buang waktu.

“Dengan menentukan kewajaran biaya kegiatan, efisiensi anggaran, penentuan anggaran berdasar tolok ukur kinerja yang jelas, mengefektifkan penentuan besaran alokasi anggaran pada kegiatan, dan penyusunan anggaran menjadi lebih tepat waktu,” kata Bupati.

Selain itu, Bupati menerangkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan itu dapat menjadi pedoman kedepan, dalam melakukan penyusunan pengalokasian anggaran belanja daerah untuk tahun 2022, sehingga manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat.

“Disamping itu, manfaat utama kegiatan ini adalah untuk penyusunan anggaran belanja pemerintah tahun 2022, agar hasil dan capaian kinerja yang disusun diharapkan benar-benar efisien dan efektif sehingga dapat dirasakan langsung masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik dan keberpihakan kepada masyarakat,” terangnya.

Bupati berpesan, agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan dengan serius dan penuh tanggung jawab, agar nantinya dapat terwujud sistem pengelolaan keuangan yang baik dalam rangka mengelola keuangan daerah secara transparan, ekonomis, efisien, efektif dan akuntabel.

Kegiatan itu akan berlangsung selama empat hari mulai 16-19 Juni. Pesertanya berjumlah 30 orang yang merupakan perwakilan dari 25 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Boltim Medy Lensun, Sekretaris Daerah Sonny Warokka, dan Asisten 1 Setda Priyamos serta Kepala BPKPD Ayko Mentemas.

(Fichi)

Komentar