104 Desa di Bolmong Bakal Gelar Pilsang

Isnaidin Mamonto

BolmongNews.com, Bolmong–Sedikitnya 104 desa di Kabupaten Bolmong, dipastikan akan dilakukan Pemilihan Sangadi (Pilsang), Mei tahun ini.

Kepala DPMD Bolmong Ahmad Yanny Damopolii melalui Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa Isnaidin Mamonto, mengatakan, saat ini persiapan tahapan Pilsang sudah tuntas. Tinggal pelaksanaan yang ditetapkan.

“Soal persiapan sudah matang semua baik dari aturan hingga panitia sudah siap dibentuk, tinggal waktu saja yang di tetapkan,” ujarnya, Rabu (20/03/2019).

Menurut Isnaidin untuk syarat Calon Sangadi bisa juga dari luar Bolmong. Sebab sesuai keputusan MK, warga yang akan mencalonkan diri tidak dibatasi berdasarkan domisili. Seperti warga dari luar desa bisa mencalonkan diri di mana dia ingin mencalonkan diri sebagai sangadi.

“Ya, itu sesuai keputusan MK. Perdanya juga sudah disahkan, jadi yang mau mencalonkan diri meskipun dia dari luar daerah, tidak masalah,” ungkap Mamonto.

Isnaidin menambahkan, pihak DPMD telah menganggarkan dana sebanyak 1 miliar lebih untuk kelangsungan pelaksanaan pilsang di Kabupaten Bolmong.

“Dana untuk pelaksanaan Pilsang sudah tertata dalam APBD Bolmong tahun 2019. Sekaligus sudah ditetapkan item-item yang akan dibiayai sejak dimulai tahapan Pilsang, hingga ke tahap pelantikan,” tambahnya. (Viko)

Komentar