UD Totabuan Sediakan Ole-Ole Khas Daerah Kotamobagu

BolmongNews.com, KotamobaguSalah satu sentra produksi makanan khas mongondow adalah UD Totabuan, berada di Jalan Veteran, Kelurahan Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan. Tempat ini telah menyediakan berbagai cemilan yang ramai menjadi objek para konsumen berasal dari daerah sendiri maupun luar daerah.

Menariknya, ada satu cemilan yang paling banyak jadi sasaran para pembeli, yakni Kacang Goyang.

Menurut pemilik usaha tersebut, Jemi Lantong, ada macam-macam produk cemilan disediakan, diantaranya Kolombeng Selai biasa, Kolombeng Selai Nenas, Kopi Kotamobagu, Kacang Telur, Kacang Disco, Kacang Bawang, Naget Kacang dan Kacang Goyang namun ramai dibeli yaitu Kacang Goyang, kata Lantong.

“Bukan hanya laris dibeli produk itu, tapi bahkan dipromosikan diberbagai iven, baik lokal maupun tingkat nasional,” ujarnya.

Bahkan produk ini sudah menjadi ole-ole bagi para konsumen daerah luar.

“Jadi kalau datang ke Kotamobagu supaya tidak repot cari ole-ole di bawa pulang untuk keluarga datang saja ke tempat ini, soal harga tidak perlu khawatir karena semua bisa dijangkau, mulai dari Rp 5000 hingga Rp 60.000 kemasan yang paling besar,” jelasnya.

Dengan mendirikan usaha seperti ini, terangnya, sudah bisa menyerap tenaga kerja dan membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran.

“Kalau disini ada sekitar lebih dari 10 orang yang saya pekerjakan, semuanya asli Kotamobagu tidak ada tenaga pekerja dari luar daerah, masing-masing dari mereka mempunyai keahlian tersendiri dalam membuat produk yang di jual ini,” tandasnya. (ewin)

Komentar