Sekda Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Samrat

KOTAMOBAGU— Sekretaris Daerah (Sekda) Kotamobagu Ir Sande Dodo MT, didaulat memimpin pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Lilin Samrat pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kotamobagu, yang diselenggarakan di halaman Mapolres setempat, Senin (21/12).

Mengangkat tema “Melalui apel gelar pasukan Operasi Lilin Samrat 2020, kita tingkatkan sinergitas Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 ditengah Pandemi Covid-19”, operasi akan digelar selama selama 15 hari, mulai 21 Desember sampai 04 Januari 2021.

Membacakan amanat Kapolri, Sekda menyampaikan, apel gelar pasukan dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan operasi lilin samrat 2020 dalam rangka pengamanan perayaan Natal tahun 2020 dan tahun baru 2021, baik aspek personil maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan Mitra Kamtibmas lainnya.

“Pelaksanaan operasi lilin pengamanan Natal dan Tahu Baru ini sangat mengedepankan langkah preventif, humanis serta penegakan hukum secara tegas dan profesional,” kata Sande.

Lanjutnya, pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin biasa, sehingga menjadikan cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap dinamika perkembangan masyarakat apalagi dimasa pandemi Covid-19. “kita harus lebih peduli jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster – klaster baru penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Diketahui, dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru nanti, Polri mempersiapkan 83.917 personil Polri, 15.842 personil TNI dan 55.086 personil Instansi terkait yang akan ditempatkan pada 1.607 Pos Pengamanan, 675 Pos Pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara dan pelabuhan.

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Samrat 2020, dilaksanakan sesuai protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan serta menjaga jarak. Dimana, turut hadiri dalam kegiatan Kapolres Kotamobagu, AKBP Prasetya Sejati SIK, Dandim 1303 Bolmong, Letkol Inf Raja Gunung Nasution SIP, Waka Polres Kompol Rina Frillya SIK, Perwakilan Pengadilan Negeri Kotamobagu, Passi Intel Kejaksaan Negeri Kotamobagu, Dan Sunden Pom X111/1-4 Bolmong, Perwakilan Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kotamobagu, serta perwakilan Jasa Raharja Kotamobagu.

(*/Erwin Makalunsenge)

Komentar