Gelar Pelatihan Barista, Imran: Tujuannya Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dispernaker) Kotamobagu menggelar pelatihan Barista (Peracik Kopi), di Aula Dispernaker Kotamobagu, Senin (31/5).

Hal ini pun dilakukan, karena perkembangan kopi di Kotamobagu saat ini begitu pesat. Dan bisa dilihat dari banyaknya kedai kopi yang bermunculan.

Pelatihan ini sudah di mulai sejak hari Kamis 27 mei yang lalu hingga hari ini

Terkait hal ini, Kepala Dispernaker Kotamobagu, Imran Golonda mengatakan, tujuan digelarnya pelatihan ini agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama dalam bidang peracik kopi (Barista).

“Dengan adanya kegiatan ini, mereka yang ikut pelatihan bisa mendapatkan pekerjaan, menciptakan lapangan pekerjaan dengan membuat kedai, dan bahkan bisa menanggulangi pengangguran lewat menyerap tenaga kerja minimal 2 sampai 3 orang,” ujarnya.

Adapun peserta yang ikut pelatihan ini, hanya 20 peserta dan telah menerima materi tentang sejarah kopi, meracik hingga teknik cupping atau mengevaluasi karakteristik dari kopi tersebut.

Selain itu, mereka yang ikut pelatihan akan mempraktekkan keahlian mereka untuk persiapan uji kompetensi barista.

“Jadi mereka yang ikut ujian kompetensi ini, jika lulus akan berpotensi untuk direkrut sebagai barista di dalam atau luar daerah,” terangnya.

Imran berharap kepada para peserta yang ikut pelatihan, agar kiranya setelah mengikuti pelatihan ini, bisa meningkatkan serta menambah wawasan tentang kopi.

“Jangan hanya serta merta ikut pelatihan namun tidak dikembangkan. Tetapi bagaimana kita untuk lebih menambah wawasan tentang bagaimana meracik kopi,” tutupnya.

(Laras Dondo)

Komentar