Budidaya Tanaman Kakao, Pemuda ini Hasilkan Ratusan Kilo Per Panen

BOLMONGNEWS.COM, KOTAMOBAGU—Tanaman kakao masih menjadi tanaman unggulan di Kota Kotamobagu. Bahkan hampir seluruh warga di daerah tersebut, memiliki perkebunan tanaman tersebut.

Beberapa alasan masyarakat lebih memilih melakukan penanaman kakao, diantaranya karena pemasarannya lebih mudah. Selain itu harganya pun masih sesuai dengan proses pemeliharaannya.  “Untuk perawatan kakao tidak terlalu sulit dan untuk pemasaran terkadang pembeli langsung datang ke rumah. Tapi jika hasil produksinya banyak biasanya langsung dijual ke penampung yang ada di Kota ini,” kata pemuda yang giat bertani asal Kelurahan Biga Kecamatan Kotamobagu Utara, Ashar Pramana Hatam, Senin (14/4).

Rama mengaku, hasil produksi tanaman kakao sebanyak 250 pohon miliknya, mampu mencapai hingga ratusan kilo per panen. “Panen kali ini ada sekitar 130,5 kilogram hasil dari 250 pohon yang sudah ditanam, dan sudah dibayar oleh para pengepul seharga Rp22 ribu per 1 kilogram,” ungkapnya.

Lanjutnya, jenis tanaman kakao yang dibudidayakannya ini yaitu kakao sambung pucuk. Kwalitasnya lebih baik diantara jenis kakao lokal yang ada di Bolaang Mongondow Raya. Bahkan Sulawesi Utara.

“Jenis tanaman ini kalau sudah stabil berbuah, bisa dipanen setiap dua minggu sekali. Harganya juga relatif stabil di pasaran. Selain itu, struktur tanah daerah Kotamobagu juga sangat cocok untuk dibudidayakan tanaman yang satu ini,” pungkasnya. (ewin)

Komentar