Atasi Over Hunian, Rutan Kotamobagu Mutasi 8 Warga Binaan ke Lapas Manado

BNews, KOTAMOBAGU – Rutan Kelas IIB Kotamobagu, kembali melakukan pemindahan atau Mutasi warga binaannya ke Lapas  Manado, Sabtu 29 Juli 2023.

Bahkan, kegiatan Mutasi yang berlangsung sekira pukul 06.30 Wita itu, melibatkan sejumlah petugas pengamanan dan dijaga ketat.

Kepala Rutan (Karutan) Kotamobagu Setyo Prabowo membenarkan giat Mutasi itu.

Ia menjelaskan, usai Asimilasi di Rumah tidak diperpanjang lagi, kondisi hunian Rutan Kotamobagu pun semakin over kapasitas.

Baca JugaKarutan Kotamobagu Ikuti Rakor Capaian Kinerja Juli 2023

Tentunya, over kapsitas ini menyebabkan ruang hunian di dalam Rutan Kotamobagu semakin sesak.

Apalagi, kata Setyo Prabowo, dengan wilayah hukum 4 Kabupaten dan 1 Kotamadya, sehingga satu-satunya UPT Pemasyarakatan yang dimiliki menjadikan over kapasitas tidak dapat dihindari.

“Dengan dipindahkannya 8 orang warga binaan ini, diharapkan Rutan Kotamobagu dapat mengurai kepadatan hunian, sehingga proses pembinaan dapat dilakukan secara maksimal, termasuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan dan ketertiban,” ucap Setyo Prabowo.

Sayangnya, kendati telah dilakukan pemindahan atau Mutasi warga binaan ini, berdasarkan data Rutan masih tetap dalam kondisi over hunian.

Baca JugaMasa Kedaruratan Covid-19 Dicabut, Asimilasi Rumah Tidak Diperpanjang Lagi

“Pada prinsipnya, langkah-langkah strategis tetap dilakukan melalui pemindahan secara bertahap, pemberian hak pemotongan masa pidana melalui pemberian remisi dan bebas lebih awal melalui pembebasan bersyarat dan cuti bersyarat, semuanya itu diharapkan menjadi langkah ampuh dalam mengurai kepadatan hunian dalam Rutan Kotamobagu,” jelas Setyo Prabowo.

Diketahui, berdasarkan informasi di lapangan, tim yang membawa 8 orang warga binaan Rutan Kotamobagu, telah tiba di Lapas Manado pada pukul 11.00 Wita dalam keadaan aman.

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar