Lambaga PAUD di Boltim Terima Bantuan Operasional Pendidikan

BolmongNews.com, Boltim–Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mendapatkan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) tahun 2019.

Kepala bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal (P3NF), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Boltim, Rizal O Hamzah SPd mengatakan, lembaga PAUD yang menerima bantuan operasional pada tahun ini merupakan lembaga yang telah terdaftar secara resmi di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

“PAUD Boltim yang terdaftar di Kemendikbud sudah 108 lembaga. Yang mendapatkan bantuan ada 96 lembaga karena sudah terdaftar di data pokok pendidik (Dapodik),” ungkap Rizal, pada Kamis (20/06), siang tadi.

Lanjutnya, jumlah siswa PAUD Boltim yang terdaftar di Dapodik Kementrian Pendidikan tercatat sebanyak 2414 siswa. Setiap siswa PAUD diberikan Rp 600 ribu sebagai biaya operasional sekolah.

“Total anggaran yang masuk adalah Rp 1.448.400.000. Dana tersebut diberikan ke 96 lembaga sekolah dan disesuaikan dengan jumlah siswa PAUD,” kata Rizal.

Dia mengungkapkan, tahun ini pihaknya telah mengusulkan tiga lembaga PAUD untuk mendapatkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dari Kementrian Pendidikan.

“Ada tiga lembaga yang kita usulkan, lembaga itu nantinya akan ditempatkan di Desa Motongkad, Motongkad Selatan, dan Kokapi Timur,” tuturnya.

Sementara itu, bagi lembaga PAUD yang belum menerima bantuan tercatat masih 12 sekolah. Dia berharap, sisa lembaga yang ada dapat segera melakukan penginputan agar dapat menerima bantuan pada tahun ini.

“SILPA tahun 2018 masih tersisa anggaran sekitar Rp 52.800.000. Rencananya sisa anggaran tersebut akan kita peruntukan bagi lembaga yang menginput data ke Dapodik tahun 2019,” tutupnya. (Lee)

Komentar