Desa Linawan Terpilih Sebagai Desa Cantik di Bolsel

BNews, BOLSEL — Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, menghadiri pencanangan Desa Linawan Kecamatan Pinolosian sebagai Desa Cinta Statistik (Desa Cantik), bertempat di Balai Pertemuan Umum desa setempat, Kamis, 25 Agustus 2022

“Sebagai Desa Cantik diharapkan dapat memberi manfaat bagi semua kalangan, baik bagi desa terpilih, pemerintah daerah dan BPS sebagai instansi pembina data statistik,” kata Iskandar.

Iskandar berharap partisipasi aktif dari berbagai kalangan masyarakat dan aparat di Desa Linawan untuk mendukung penuh program Desa Cantik ini.

“Dimana manfaat yang akan diperoleh tentunya akan kembali kepada masyarakat itu sendiri,” ucap Iskandar.

Lanjut Iskandar diharapkan juga Desa Linawan kedepannya dapat menjadi desa percontohan bagi pelaksanaan statistik secara mandiri untuk desa dan kelurahan lain di Sulawesi Utara dan di tingkat Nasional.

Iskandar menjelaskan data sebagai dasar perencanaan pembangunan yang sangat vital. Dimana Presiden Jokowi dalam Pidato Kenegaraan 16 Agustus 2019 menyatakan bahwa data adalah jenis kekayaan baru bangsa kita. data lebih berharga dari minyak.

“Hak warga negara atas data pribadi harus dilindungi. Regulasinya harus segera disiapkan, tidak boleh ada kompromi,” ucap Iskandar.

Iskandar menambahkan persoalan data ini dalam penyelenggaraannya masih terpisah-pisah, tidak terpadu dan terkadang tidak konsisten antar lembaga. Akibatnya, pengguna data sulit menentukan data yang valid.

“Dengan terbitnya Perpres No 39 Tahun 2019 tentang kebijakan Satu Data Indonesia (SDI) memudahkan dalam rangka memperoleh data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan,” kata Iskandar, sembari mengatakan kedepan semua lembaga terkait dapat menyediakan data statistik yang berkualitas.

Peliput: Wawan Dentaw

Komentar