Pemkab Bolmut Gelar Prosesi Adat ‘Mopohabaru’ 1 Ramadhan 1444 Hijriah

BNews, BOLMUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) gelar Prosesi Adat Mopohabaru/Mopatu, bertempat di rumah dinas (Rudis) Bupati Bolmut, Desa Bunor, Kecamatan Bolangitang Barat, Jumat 17 Maret 2023.

Acara ini dilaksanakan dalam Rangka menyambut 1 Ramadhan 1444 Hijriah.

Bupati Bolmut Depri Pontoh pun mengatakan, Prosesi Adat Mopohabaru ini, bukan hanya kali pertama dilaksanakan di Kabupaten Bolmut.

Namun, tiap tahun Adat Mapohabaru dilaksanakan, bahkan di tiap desa maupun kecamatan. Dan sudah menjadi tradisi tahunan.

Baca JugaMusrembang RKPD 2024, Bupati Bolmut Fokus Pada Peningkatan Kualitas Pembangunan Manusia

Mopohabaru sendiri dimaknai masyarakat Bolmut dengan arti memberikan kabar atau mengabarkan.

Jadi, Prosesi Adat Mopohabaru ini untuk mengabarkan datangnya bulan Ramadhan.

Disamping itu, Mopohabaru telah dilakukan di tiap desa maupun kecamatan.

Baca JugaIni yang Disampaikan Bupati Bolmut saat Sambut Kunjungan Kerja Kapolda Sulut

Misalnya, untuk penentuan tanggal jatuhnya bulan Ramadhan, melalui musyawarah desa maupun kecamatan dengan melibatkan berbagai unsur tokoh masyarakat hingga adat.

“Jadi terlebih dulu dilakukan hasil musyawarah dari tiap desa maupun kecamatan, kemudian disampaikan kepada kami selaku Pemkab Bolmut,” kata Depri Pontoh.

Lanjut Bupati, hasil dari keputusan Prosesi Adat Mopohabaru ini, pihaknya bersama seluruh jajaran baik instansi vertikal, telah menerima keputusannya hari ini.

“Keputusan hasil musyawarah telah kami terima, selanjutnya tinggal menunggu keputusan Pemerintah Pusat terkait dengan tanggal penetapan 1 Ramadhan 1444 Hijriyah akan dimulai kapan,” ujar Bupati.

Selain itu Bupati mengimbau, agar seluruh Pemuka Agama, Tokoh Adat, Camat dan Sangadi, untuk bisa ikut meramaikan Masjid yang ada di tiap desa, dengan mengisi kegiatan-kegiatan keagamaan.

Baca JugaPemkab Bolmut Terima Awards UHC 2023

“Baik itu kegiatan keagamaan Ibadah Sunnah, Tadarus dan Syiar Islam,” imbaunya, sembari menambahkan.

“Tadarus Al Qur’an juga bisa dilaksanakan di tiap rumah Sangadi, Camat, bahkan termasuk di rumah saya, atau Wakil Bupati dan Sekda. Di Ramadhan nanti, kami juga akan melakukan Safari bersama rombongan selama bulan suci puasa dengan DMI, NU, Muhammadiyah, maupun organisasi keagamaan lainya,” ucap Bupati dua periode ini,” imbuhnya.

Di akhir sambutannya, Bupati Bolmut Depri Pontoh menyampaikan ucapan selamat menunaikan Ibadah Puasa.

“Semoga amal Ibadah Puasa kita nanti, bisa diterima Allah SWT,” pungkasnya.

Turut hadir, Wakil Bupati Amin Lasena, Kapolres AKBP Aries Aminullah SIK, unsur Forkopimda, para kepala OPD, Tokoh Agama, Adat hingga masyarakat.

 

Reporter : Muchtar L Harundja

Editor     : Wahyudy Paputungan 

Komentar