Ketua PB KPMIBU Puji Mitha Mokodompit di Kegiatan Orientasi Kader Mania

BNews, BOLMUT – Pengurus Besar (PB) Kerukunan Pelajar Mahasiswa Indonesia Bolmong Utara (KPMIBU) menggelar Orientasi Kader Mania, di Balai Desa Bunong, Kecamatan Bintauna, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Jumat 14 Juli 2023.

Kegiatan yang mengusung tema “Melahirkan Pemuda Masa Kini Yang Produktif dan Berintegritas”, dihadiri langusung Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bolaang Mongondow (Bolmong) Feramitha Tiffani Mokodompit dan Ketua KNPI Bolmut Safrizal Walahe.

Akrab disapa Mitha Mokodompit ini, juga diundang menjadi pemateri terkait persoalan Gender dan Feminisme.

Dikatakan, Feminisme merupakan gerakan demi kesetaraan. Bahkan Mitha menilai, selama berabad-abad hak-hak perempuan kerap diabaikan. Bahkan mereka (perempuan) kerap diperlakukan lebih rendah dan peran mereka terbatas pekerjaan domestik, sperti mencuci, memasak dan mengurus rumah tangga.

Baca Juga:Amin Lasena Dikawinkan dengan Moilom Pontoh Maju Pilkada Bolmut 2024

“Penindasan yang berkepanjangan mengangkat banyak suara dan secara kolektif memunculkan konsep feminisme yang memulai gerakan terpanjang dalam sejarah dan masih berlanjut hingga saat ini,” ucap Mitha saat orasi.

Demikian, termasuk pelajar dan mahasiswa juga memiliki peran penting untuk mentransmisikan pengetahuan, nilai, norma, dan ideologi, serta pembentukan karakter bangsa.

Bahkan, lanjut Mitha, tidak terkecuali kesetaraan dan keadilan gender yang terkait erat dengan nilai hakiki kemanusiaan kepada masyarakat secara luas.

“Masyarakat termasuk para pelajar dan mahasiswa harus menjadi pemberi pesan yang baik, sehingga tak ada persoalan lagi ketika bicara laki-laki dan perempuan,” pungkas Mitha.

Baca JugaMitha Mokodompit: Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia Harus Seimbang

Sementara Ketua PB KPMIBU Rizki Qomarudin Lasena, ikut mengapresiasi kunjungan Mitha Mokodompit sebagai pemateri kegiatan.

Menurutnya, Mitha tak hanya memiliki kecerdasan, melainkan juga sangat mudah berinteraksi dengan peserta, sehingga membuat suasana forum jadi cair.

“Para peserta sangat antusias, mereka senang dengan sosok Mitha yang sangat luar biasa,” pujinya.

 

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar