Gubernur Olly Dondokambey Resmi Buka Porprov Sulut ke-XI Kabupaten Bolmong

BNews, BOLMONG – Gubernur Olly Dondokambey secara resmi membuka Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulut ke-XI di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Senin 14 November 2022.

Bahkan, antusia masyarakat begitu terlihat saat mengikuti prosesi puncak acara pembukaan yang berlangsung tersebut.

Apa lagi, even olahraga yang diikuti 15 Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara tersebut, merupakan perdana bagi Kabupaten Bolmong selaku tuan rumah Porprov Sulut ke-XI ini.

Gubernur Olly Dondokambey didampingi Ketua TP-PKK Provinsi Sulut dan Wakil Gubernur Steven Kandouw bersama Penjabat Bupati Limi Mokodompit, saat disambut adat Bolaang Mongondow di acara pembukaan Porprov Sulut e-XI di Kabupaten Bolmong. (foto.Yudi Paputungan)

Sebanyak 3.800 lebih masing-masing atlet dari 15 Kabupaten/Kota akan ambil bagian dalam 32 Cabang Olahraga (Cabor) yang dipertandingkan di Porprov Sulut Kabupaten Bolmong.

Even olahraga besar ini pun bakal berlangsung selama 7 hari kedepan, dimulai dari tanggal 14 November – 21 November 2022.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan, Porprov 2022 ini, adalah menjadi ajang penting bagi Sulut.

Penjabat Bupati Limi Mokodompit saat menyampaikan laporan panitia pelaksana Porprov Sulut ke-XI Kabupaten Bolmong. (foto.Yudi Paputungan)

Pasalnya, kegiatan olahraga ini merupakan sarana untuk menyaring para atlet berbakat dan berprestasi.

Selain itu, kata orang nomor satu di Sulut ini, Porprov Sulut 2022 juga sebagai wadah persaingan bagi para atlet, untuk menjadi yang terbaik mewakili Sulut di kanca nasional bahkan hingga internasional.

“Pada prinsipnya, ini sebagai wadah dalam menyeleksi atlet untuk dipersiapkan dalam rangka menyambut PON 2024 di Aceh dan Sumatra Utara (Sumut) nanti,” sebut Olly.

Sehingga, ini juga menjadi alasan Porprov Sulut ini dilaksanakan. Apa lagi aan ada PON 2024 menanti.

Tarian kolosal Bolaang Mongondow saat dikolaborasi dengan tarian adat daerah lainnya di Sulut. (foto.Yudi Paputungan)

“Target kita pada PON 2024 adalah medali emas,” jelas Olly.

“Porprov Sulut adalah batu loncatan untuk mencari atlet-atlet berbakat di daerah-daerah untuk bisa meningkatkan perolehan medali emas Sulut pada PON 2024 nanti,” sambungnya.

Di akhir sambutannya, Olly pun mengingatkan, agar para atlet untuk bisa menjunjung tinggi sportifitas pada Porprov Sulut 2022 ini.

Tak hanya para atlet, wasit hingga juri diminta Gubernur agar bisa bertindak sekaligus bersikap adil sebagai pengadil pada pertandingan.

Peragaan Defile salah satu kontingen sebelum acara puncak pembukaan Porprov Sulut ke-XI di Kabupaten Bolmong. (foto.Yudi Paputungan)

“Untuk atlet, junjung sportifitas, pastikan kalian bisa. Para wasit, lakukan yang terbaik dan objektif jangan merusak jiwa olahraga para atlet,” sebut Olly.

Sebelumnya, selaku tuan rumah pelaksana Porprov Sulut ke-XI tersebut, Limi Mokodompit menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Sulut Olly Dondoambey yang telah mempercayaan tuan rumah gelaran akbar pekan olahraga ini.

“Terima kasih telah mempercayakan ajang gelaran akbar Porprov Sulut ke-XI di Kabupaten Bolmong,” ucapnya, yang juga selaku Penjabat Bupati Bolmong.

Disampin itu, Limi Mokodompit yang juga selaku Ketua KONI Kabupaten Bolmong menerangan, gelaran akbar ini pun, tak lain merupakan ajang untuk seleksi maupun penjaringan atlet potensial.

Tampak Gubernur Olly, Wail Gubernur Sulut dan Penjabat Bupati Bolmong saat menyaksikan defile para kontingen Porprov Sulut ke-XI di Kabupaten Bolmong. (foto.Yudi Paputungan)

“Ini merupakan ajang penjaringan atlet potensial se Provinsi Sulut agar dapat berprestasi dan menjadi atlet profesional pada ajang yang lebih tinggi lagi,” ucap Limi.

Ketua Koni Provinsi Sulut Steven Kandouw yang juga selaku Wakil Gubernur Sulut ikut menyampaian, tugas dan tanggung jawab adalah memperbaiki perolehan medali di PON 2024 nanti.

Sehingga itu, pelaksanaan Porprov Sulut ini dengan harapan agar bisa mendongkrak perolehan medali di PON 2024 yang bakal digelar di Aceh dan Sumut.

“Terima kasih kepada seluruh kepala daerah, karena telah menunjukan semangatnya untuk turut mensukseskan ajang ini,” sebutnya.

Punca acara sekaligs membuka Porprov Sulut ke-XI di Kabupaten Bolmng dengan ditandai pengambilan api obor oleh dua atlet asal Sulut peraih medali emas. (foto.Yudi Paputungan)

“Ini merupakan, event terbesar dari gelaran Porprov Sulut sebelumnya. Semoga juga bisa menghasilkan atlet-atlet terbaik, untuk memperbaiki citra olahraga kita kedepannya,” ucap Steven Kandouw.

Diketahui, dari 32 Cabor yang akan dipertandingkan para atlet akan memperebutkan 356 keping medali emas, 356 perak dan 900 perunggu.

Puncak acara pun dilanjutan dengan pengambilan api obor yang dibawa dua atlet, dengan harapan sebagai simbol penyemangat para atlet yang akan berlaga di Porprov Sulut ke-XI 2022. (Advetorial)

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar