Dinas Pertanian Bolmong Panen Padi Ladang Bersama Petani

BOLMONG—Dinas Pertanian Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar panen padi ladang bersama petani di Desa Lolan Kecamatan Bolaang Timur, Selasa (30/3/2021).

Padi ladang ini merupakan program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) Kabupaten Bolmong Tahun 2020.

“Saya memberikan apresiasi atas kerja keras usaha para petani dalam mendukung dan meningkatkan ketahanan pangan, semoga kedepannya menjadi lebih mantap lagi dan sukses,” kata Kepala Dinas Pertanian Bolmong Remon Rattu.

Ia berharap, penanaman padi yang dimulai pada bulan Agustus tahun 2020, dengan luas lahan seribu hektare lebih itu, dapat memberikan tambahan stok beras untuk mencukupi kebutuhan selama pandemi.

“Lokasi penanaman padi ladang dari program PATB di Bolmong tersebar di empat kecamatan. Yaitu di Kecamatan Poigar seluas 534 hektare, Kecamatan Bolaang Timur seluas 485 hektare, Kecamatan Lolak 177 hektare dan Kecamatan Bolaang dengan 99 hektare, yang digarap oleh 77 kelompok tani,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Nadrah Husain, mengatakan, para petani sangat berterimakasih kepada pemerintah pusat, Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulut dan Dinas Pertanian Kabupaten Bolmong atas program tersebut.

“Para petani pelaksana PATB sangat antusias melaksanakan kegiatan ini. Bantuan ini juga sangat bermanfaat bagi para petani,” katanya.

Diinformasikan, Petani ladang PATB itu juga mendapatkan bantuan saprodi yang terdiri dari Pupuk NPK sebanyak 319 Ton, pupuk hayati cair (Puhay) 6.380 Liter, Pestisida 1.590 Liter, herbisida 4.785 Liter, Biaya BBM pengolahan Tanah, bantuan pompa dan sumur bor. (*)

 

Komentar