Bupati Bolmong Hadiri Musrenbang Tingkat Provinsi

BOLMONG – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow menghadiri langsung musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Prov Sulut) 2021 – 2026, di Luwansa Hotel and Convetion Center Manado, Kecamatan Tikala, Sulut, Selasa (29/6).

Dalam kesempatan itu, Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey membuka secara resmi Musrenbang tingkat provinsi itu. Dalam forum tersebut Pemerintah Kabupaten/Kota diminta agar dapat fokus dan dapat terlibat serta aktif dalam penyempurnaan Rancanagan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Sulut 5 tahun kedepan.

Hadir diantaranya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Meneteri Dalam Negeri, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandou, Forkopimda Prov Sulut DPRD Provinsi Sulut, Sekprov, Asisten Bidang Pemerintahan , Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Asisten Bidang Administrasi Umum, Kepala, Badan, Dinas, Kantor dan Biro Prov Sulut, Staf Ahli, Staf Khusus Gubernur, Tenaga Ahli Penyusunan RPJMD, serta Bupati/Walikota beserta para Kepala Bappelitbang se Sulut.

Dalam sambutannya, Gubernur Olly Dondokambey mengucapkan selamat datang dan terimakasih serta apresiasi kepada pejabat pemerintah pusat yang telah menghadiri kegiatan tersebut.

Selain itu, Gubernur juga menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan musrenbang RPJMD tingkat Provinsi Sulut yang merupakan keberlanjutan perencanaan pembangunan dalam jangka 5 tahun kedepan, sebagaimana dalam visi – misi Provinsi Sulut yang telah termuat dalam RPJM Tahun 2021.

“Pada prinsipnya, adalah Sulut Maju dan sejahtera, terlebih Sulut sebagai pintu gerbang Indonesia di Asia Pasifik. Pemerintah Provinsi bertekad meningkatkan kwalitas sumber daya manusia, mempercepat peningkatan ekonomi yang bertumpuk pada sistem perindustrian, pertanian dan perikanan, priwisata, pembangunan infrastruktur, pembangunan daerah yang berkelanjutan pada pemerintahan yang baik dan bersih, yang merupakan hasil dari evaluasi tahap pembangunan tahun 2016-2020 lalu,” jelas Olly.

Gubernur tak memungkiri banyaknya permasalahan yang masih butuh banyak perhatian pemerintah kedepan. Adapun beberapa isu strategis pembangunan baik itu isu global, nasional hingga daerah. Antara lain pandemic covid-19, merupakan upaya pencapaian pembangunan berkelanjutan mulai dari revolusi industry dan transformasi ekonomi serta undang-undang ketenaga kerja.

Oleh itu, Lanjut Olly, sebagai dukungan Visi – Misi yang telah dirancang, 10 program prioritas pembangunan daerah anggaran 2021-2026 Pemerintah Prov Sulut diantaranya, pemulihan ekonomi dimasa pandemic covid-19, meningkatkan saran pendidikan yang layak dan ilmu teknologi, meningkatkan peran tokoh agama, meningkatkan operasi menyelesaikan daerah kemiskinan, meningkatkan sektor pariwisata, percepatan perkembangan ekonomi khusus, peningkatan pelayanan kesehatan, upaya system perijinan yang berpihak pada lingkungan hidup, percepatan tranformasi pelayanan digital dan transformasi pelayanan publik.

Gubernur dua periode terpilih ini pun meminta, agar para pejabat pusat dapat memberikan arahan, begitupula kepada seluruh peserta dapat terlibat dan aktif dalam penyempurnaan RPJMD Provinsi Sulut 2021-2026, sebagai penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran strategis arah kebijakan dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD Provisi Sulut.

“Tentu kegiatan ini semua demi terwujudnya perencanaan pembangunan jangka menengah daerah yang melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan, didalamnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial, dan muda-mudahan kegiatan ini dapat mencapai hasil dan tujuan yang diharapkan demi Sulut Maju dan Sejahtera sehingga Indonesia Maju,” Olly mengakhiri.

Mewakili Bupati Bolmong, Kepala Bappelitbangda, Taufik Mokoginta
disela-sela kegiatan, menyampaikan, Pemkab Bolmong bersepakat menuntaskan kemiskinan. Disamping itu, Pemkab Bolmong sendiri berkomitmen untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dimasa pandemi covid-19 saat ini.

Ia juga menyebutkan, pemerintah tengah berupaya mengurangi angka pengangguran, meningkatkan infrastruktur, kemudian menciptakan daya saing produktiftas daerah.

“Pada pokoknya, bagaimana masyarakat Sulut terelebih di Kabupaten Bolmong itu sejahtera,” sebut Taufik.

Yang menjadi prioritas, terang Taufik, yaitu pembangunan dan pengembangan Bandara Loloda Mokoagow dan kawasan industri mongondow (KIMONG).

“Ini tentu merupakan komitmen Ibu Bupati Bolmong untuk masyarakat. Dua program besar ini agar dapat jalan dengan baik dan itu sudah masuk dalam RPJMD Provinsi Sulut 2021 – 2026, sehingga menjadi prioritas nasional,” pungkas Taufik.

(Advetorial)

Komentar