5 KWT di Bolmong Akan Menerima Bantuan Program P2L

BOLMONG—Sebanyak 5 Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong),  tahun ini akan menerima bantuan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Kelima KWT ini berasal dari Desa Kopandakan II, Doloduo II, Amerta Sari, Mopuya Utara II, dan Tumokang Timur.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bolmong,  I Nyoman Sukra mengatakan, program P2L ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dimana masing-masing KWT mendapatkan anggaran sebesar Rp60 juta.

“Mereka mendapat Program P2L dalam rangka menjaga ketahanan pangan. Anggarannya dari pusat lewat Dinas Pangan Provinsi. SK nya juga dari Provinsi. Kita hanya memfasilitasi dan melakukan pendataan KWT yang layak,” ujarnya.

Ia menjelaskan, setiap KWT berjumlah 30 orang anggota. Mereka nantinya akan membangun rumah bibit untuk penyemaian benih.

“Setalah bibitnya jadi, baru dibagikan ke setiap anggota KWT. Setiap anggota KWT ini, pekarangannya akan dimanfaatkan dengan tanaman sayur-sayuran,” jelasnya.

Lanjutnya, tanaman yang ditanam harus bernilai ekonomis. Sehingga ketika program itu sudah tidak didanai lagi, maka kelompok tersebut masih bisa terus mengembangkannya.

“Jadi diharapkan bantuan ini dimanfaatkan dengan baik, dan KWT yang ada bisa berkembang,” pungkasnya.

(Erwin Makalunsenge)

Komentar