Pra Musrenbang Kecamatan Lolayan dan Dumoga Sukses Digelar

BOLMONGNEWS.COM, Bolmong— Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) sukses menggelar Pra Musyawarah Rencana Pembangunan (musrenbang) RKPD Tahun 2020, tingkat Kecamatan Lolayan dan Dumoga, di Aula Kantor Kecamatan Lolayan, Desa Tungo I, Selasa (28/01/2020).

Forum musyawarah kecamatan itu, mengangkat tema “Pemantapan kontribusi sektor pertanian, perikanan dan pariwisata terhadap perekonomian regional dan pemerataan pendapatan masyarakat”.

Menurut Kaban Bappeda Yarlis Awaludin Hatam, hal itu sangat penting dilakukan guna mempermudah proses penginputan sebelum pelaksanaan Musrenbang Kecamatan awal Februari mendatang. “Ketika melakukan penginputan seluruh usulan dari setiap desa, sehingga pra musrenbang digelar. Pada pelaksanaan kali ini, kita akan fokus penginputan seluruh usulan dari masing masing desa. Karena dalam sistem nanti, hanya ada lima usulan dari tiap desa yang dapat dimasukan, dan lima usulan ini yang akan menjadi skala prioritas,” ujarnya.

Ia berharap, peserta sudah ada rembuk dari masing-masing desa trkait apa yang menjadi skala prioritas usulan. “Agar penginputan nanti sudah tidak ada lagi kendala yang dihadapi,” katanya.

Sementara itu, Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Winci Mokorimban, usai melakukan pendampingan pra musrenbang menjelaskan, kalau pihaknya saat ini diberikan tugas di masing-masing wilayah, yang melaksanakan pra musrenbang. Tugasnya, di Pra Musrenbang Kecamatan Lolayan dan Dumoga. Menurut, dia, peserta yang hadir, menyampaikan hasil musyawarah tingkat desa. “Jadi Pra Musrenbang tingkat kecamatan ini, kita tidak lagi musyawarah secara gamblang. Namun, sudah ada penentuan dari musyawarah tingkat desa,” ujarnya.

Dijelaskan, kegiatan itu, selain untuk menerima usulan-usulan dari musyawarah tingkat desa, juga untuk melakukan sinkronisasi dengan Renja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). “Jadi ketika SKPD membuat renja dan ada usulan dari kecamatan yang nantinya bersifat penting, berarti SKPD tersebut harus mengcovernya dalam renja awal,” tambahnya.

Lebih lanjut, setelah selesai pra musrenbang kecamatan ini, ketika desa menginput user masing-masing desa, maka mereka berhak meneruskan ke kecamatan. “Nanti, di kecamatan itu yang akan mengklasifikasi kembali sesuai program kegiatan per bidang. Selanjutnya, tahapan musrenbang kecamatan nanti, kecamatan yang akan menentukan prioritas setiap desa dan diteruskan ke SKPD,” pungkasnya.

Turut hadir, Camat Lolayan Faisal Manoppo, Camat Dumoga Helik Manggopa, sangadi serta perwakilan masing-masing SKPD. Pra musrenbang digelar selama tiga hari, terbagi di beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Bolmong.(Advertorial)

Komentar