Progres Pembangunan Lanjutan Landscape Gedung Perpustakaan Kotamobagu Capai 70,8 Persen

BNews, KOTAMOBAGU — Proses pembangunan lanjutan (landscape) gedung Perpustakaan Kotamobagu hingga hari ini mencapai 70,8 persen.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kotamobagu, Ham Rumoroy, mengatakan progres pekerjaan lanjutan yang dianggarkan pada APBD tahun 2023 sebentar lagi akan selesai.

“Sampai dengan hari ini progres pekerjaan lanjutannya sudah 70,8 persen dan harus selesai tahun ini karena memang untuk pembiayaannya dianggarkan tahun 2023,” kata Ham Rumoroy di ruang kerjanya, Senin (20/11/2023).

Dikaaltakannya lagi, untuk pekerjaan landscape yang terdiri dari halaman, pagar, rehab patung, kafetaria dan lain sebagainya belum semuanya tercover karena keterbatasan anggaran.

“Anggaran pekerjaan lanjutan termasuk landscape totalnya Rp3,9 miliar, namun karena keterbatasan anggaran baru bisa direalisasikan sebesar Rp2 miliar. Sehingga untuk pembangunan tahun 2023 kemungkinan untuk halaman belum semuanya rampung, nanti akan dianggarkan lagi tahun 2024 mendatang agar bisa rampung 100 persen,” ungkapnya.

Menurut Ham, meski belum rampung secara keseluruhan, namun awal Januari 2024 Perpustakaan Kotamobagu sudah mulai dioperasikan.

“Akhir Desember ini kami sudah mulai melakukan pembenahan. Saat ini kami sedang mempersiapkan kelengkapan bangunan termasuk pengadaan 20 unit komputer untuk menunjang operasional Perpustakaan Digital, karena rencananya saat apel perdana tahun 2024 kami sudah berkantor di gedung Perpustakaan Kotamobagu,” bebernya.

Disinggung soal kepastian peresmian Gedung Perpustakaan, Ham pun menargetkan akan dilaksanakan awal tahun 2024 hingga pekerjaan benar-benar rampung 100 persen.

“Peresmian diperkirakan Februari atau awal Maret karena masih ada pekerjaan lanjutan yang harus diselesaikan dan itu anggarannya berkisar 1,6 miliar yang nantinya dianggarkan tahun 2024. Intinya program yang dianggarkan tahun ini harus selesai tahun ini juga, karena kontrak dari penyedia sendiri akan berakhir tanggal 20 Desember 2023 ditambah seminggu waktu perpanjangan,” tandasnya.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar