Pemkot Kotamobagu Akan Evaluasi Penagihan PBB-P2

BNews, KOTAMOBAGU — Hingga Oktober 2023 realisasi penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Bumi Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB-P2) daerah Kota Kotamobagu baru menyentuh angka 51,03 persen dari target.

Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kotamobagu mencatat, total penerimaan saat ini sebesar Rp 3.538.129.530 dari ketetapan target Rp 6.933.014.302.

Menanggapi hal ini, Asisten bidang Pemerintahan Kesra, Nasli Paputungan mengatakan dalam waktu dekat ini Pemkot Kotamobagu akan kembali melakukan evaluasi terhadap capaian yang ada.

“Nanti akan dilakukan evaluasi dalam waktu dekat. Kami akan kumpulkan para sangadi dan lurah. Bahkan untuk evaluasi di tiap kecamatan kita akan melibatkan BPKD dan DLH. Tujuannya untuk lebih memaksimalkan penagihan PBB-P2 sekaligus retribusi sampah di tiap desa dan kelurahan, karena saat ini tinggal tersisa dua bulan lagi,” ujar Nasli, saat dihubungi Bolmong.news, Selasa (24/10/2023).

Menurut Nasli pihaknya optimis realisasi capaian PAD dari sektor PBB-P2 dan Retribusi Sampah bisa mencapai target hingga batas waktu yang ditentukan.

“Kita akan tetap berusaha agar targetnya bisa tercapai, karena biasanya di sisa sebulan terakhir realisasi capaian penerimaan PBB-P2 kita sudah di atas 90 persen,” tandasnya.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar