Mewakili Provinsi Sulut, Mega Mokoginta Ikut Seleksi Duta Maritim Indonesia

BNews, KOTAMOBAGU — Mega Anastasya Diska Mokoginta merupakan mahasiswi asal Kota Kotamobagu.

Saat ini, ia sedang menempuh pendidikan di Universitas Negeri Gorontalo (UNG) pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Mega terpilih mewakili Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada seleksi Duta Maritim Indonesia Tahun 2023.

Duta Maritim Indonesia Angkatan III tahun 2023 merupakan kegiatan dari Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO).

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 11 sampai 16 Agustus 2023 di Jakarta Pusat

Mega mengatakan, sebelum dinyatakan lulus sebagai finalis Duta Maritim Indonesia, dirinya telah mengikuti berbagai rangkaian tahapan seleksi yang ketat.

“Mulai dari persiapan fisik, menyiapkan berkas, membuat essay, membuat video Wisata Bahari yang ada di Provinsi Sulu, kemudian masuk proses wawancara yang dilaksanakan secara online,” ujar Mega, Selasa (8/8/2023).

Mega menuturkan, tema yang diangkat dalam video potensi Wisata Bahari yang ada di Bolaang Mongondow Selatan yaitu Pantai Transpatoa.

“Transpatoa menjadi salah satu icon yang berada di Bolaang Mongondow Selatan. Selain itu ada pemanfaatan UMKM yang akan saya bawah untuk menjadi ajang perlombaan yaitu, Kopi Sinondang dan Keripik Pisang Goroho Lumer, tujuannya sebagai pemberdayaan perempuan-perempuan pedesaan,” ungkapnya.

Mega mengaku sangat bangga saat dirinya dapat membawa nama daerah sampai ke tingkat Nasional.

‘’Anak muda harus mengambil peran dalam pembentukan dan pemekaran Daerah, karena pemuda memiliki peran penting dalam pusat kemajuan bangsa,” ujarnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Bupati Kabupaten Bone Bolango, Hamim Pou, yang sudah mensupport saya untuk bisa menjadi perwakilan Sulut ke ajang Nasional. Semoga ini menjadi bukti komitmen beliau dalam mendukung anak-anak terbaik daerah untuk mengharumkan nama daerah,” pungkasnya.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar