oleh

Maksimalkan Pelayanan, Anggaran Puskesmas Prioritas di APBD Perubahan

BolmongNews.com, BoltimPemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Salah satunya dengan adanya rencana Bupati Boltim, Sehan Landjar SH, untuk memberikan dukungan anggaran fasilitas di seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Dimana hal tersebut menjadi prioritas pada Anggaran dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Tahun 2019.

Menurut Bupati, dukungan anggaran perawat serta fasilitas puskesmas yang lengkap sangat penting. Sebab tugas dokter dan para perawat lebih banyak turun lapangan, untuk memberikan edukasi ke masyarakat.

“Untuk pencegahan, tentunya harus dibarengi dengan fasilitas yang lengkap dan memadai. Mulai dari dokter dan perawat karena sesuai aturan mereka lebih banyak  turun lapangan memberikan edukasi soal bagaimana menjaga kesehatan  masyarakat,” ujar Sehan.

Bupati mengungkapkan, gagasan tersebut datang dari anak kandungnya, Amalia Landjar, yang saat ini mengambil S2 kebijakan hukum masyarakat di Universitas Indonesia (UI). Ia menyarankan sebaiknya puskesmas di Boltim  diberikan anggaran yang cukup.

“Maksudnya biar pelayanan, serta tugas-tugas yang berat dapat dilakukan dengan baik. Sehingga, akan lebih banyak melakukan pencegahan agar masyarakat, tidak mudah kena penyakit,” kata Bupati.

“Kita masih akan  susun dulu berapa total kebutuhan baik itu kenaikan gaji dokter, perawat, dan Bidan, serta anggaran fasilitas pendukung. Karena, petugas puskesmas itu kerjanya untuk pencegahan penyakit yakni membina dan memberikan petunjuk ke masyarakat jadi harus kita dukung,” tamabahnya. (Mg-01/ewin)

 

Komentar