Ini yang Disampaikan Pj Wali Kota saat Buka Kegiatan Penguatan Kapasitas dan Fungsi BPD

BNews, KOTAMOBAGU – Penjabat (Pj) Wali Kota Kotamobagu Asripan Nani membuka secara resmi kegiatan penguatan kapasitas dan fungsi BPD dalam mendukung tata kelola pemerintahan desa yang efektif dan efisien, bertempat di Hotel Quality Manado, Kamis (9/11/2023).

Melalui sambutannya, Asripan Nani menyampaikan, apresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang dinilai memiliki nilai strategis dalam rangka membangun kapasitas ketua dan anggota BPD se Kota Kotamobagu.

“BPD memiliki posisi yang sangat strategis dalam rangka Pendampingan, Perencanaan, pengawasan termasuk hak anggaran, inilah juga yang menjadi peran dari BPD dalam rangka mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang baik,” kata Asripan.

Dalam kesempatan itu Asripan juga memaparkan 3 ciri pemerintahan desa yang baik.

“Pertama transparansi, kedua partisipasi, artinya kegiatan di desa harus melibatkan masyarakat dan ketiga akuntabilitas, apa yang direncanakan dan dilaksanakan harus dapat dipertanggungjawabkan,” terangnya.

Disamping itu kata Asripan, kegiatan yang dilaksanakan di Desa juga harus dilaksanakan secara efektif dan efisien serta harus bisa memberi manfaat bagi masyarakat yang ada di Desa.

“Harus memiliki nilai tambah. Misalnya membangun jembatan harus memiliki nilai tambah dan manfaat bagi masyarakat yang ada di desa,” tandasnya.

Turut hadir dalam acara pembukaan kegiatan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kotamobagu, Nasli Paputungan, Sekretaris Institut Pengembangan Manajemen Pemerintahan, Priyo Bayu Utomo, sejumlah pimpinan OPD, Camat, Lurah Kepala Desa serta ketua dan seluruh anggota BPD se Kota Kotamobagu. (*/Miranty Manangin)

 

 

Komentar