Dinas Satpol PP dan Damkar Kotamobagu Luncurkan Aplikasi SIAP TERTIB

BNews, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Satpol PP dan Damkar meluncurkan aplikasi SIAP TERTIB atau Sistem Informasi Pelaporan Ketertiban dan Kebakaran.

Peluncuran aplikasi SIAP TERTIB ditandai launching oleh Pj Wali Kota Kotamobagu Asripan Nani, dalam momentum upacara peringatan Hari Pahlawan yang digelar di Lapangan Desa Kopandakan Satu, Jumat (10/11/2023).

Rangkaian launching aplikasi SIAP TERTIB, juga dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman antara Dinas Satpol-PP dan Damkar bersama Polres Kotamobagu dan instansi terkait lainnya.

Kepala Dinas Sat Pol PP Sahaya Mokoginta, mengatakan bahwa aplikasi SIAP TERTIB ini merupakan salah satu gagasan perubahan untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat terkait dengan layanan keamanan, ketertiban umum dan pelindung masyarakat.

“Masyarakat dapat mendownload aplikasi SIAP TERTIB ini di playstore dan apabila ada gangguan keamanan, trantibum dan bencana kebakaran maka dapat dilaporkan melalui aplikasi ini,” kata Sahaya.

Lanjutnya, dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan masyarakat dalam melaporkan terkait adanya gangguan keamanan, trantibum serta kebakaran di wilayahnya.

“Aplikasi ini tentunya sangat memudahkan petugas ketika masyarakat memberikan laporan di tempat kejadian, karena secara otomatis laporan akan terkirim ke tim pelaksana yang terdiri dari tim terpadu,” tuturnya.

Selain itu tambah Sahaya, laporan yang disampaikan oleh masyarakat akan menunjukan lokasi kejadian secara otomatis lewat google maps.

“Sehingga tim pelaksana maupun tim terpadu akan sangat mudah melihat jalur dan lokasi tempat kejadian, baik gangguan keamanan maupun lokasi bencana kebakaran,” pungkasnya.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar