Disdik Kotamobagu Gelar Asesmen Nasional Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan

BNews, KOTAMOBAGU – Dinas Pendidikan (Disdik) Kotamobagu melaksanakan Asesmen Nasional (AN) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di wilayah Kota Kotamobagu.

Menurut Kepala Disdik melalui Sekretaris Disdik Kotamobagu, Kusnadi Pobela Asesmen Nasional dilakukan untuk memantau perkembangan pendidikan dan mengidentifikasi indikator-indikator yang perlu diperbaiki. Diantaranya literasi, numberasi dan survei lingkungan belajar.

“Peserta AN 2023 jenjang SMP adalah siswa kelas VIII dengan jumlah peserta maksimal 45 siswa dan cadangan 5 siswa,” kata Kusnadi, Senin (18/9/2023) kepada media bolmong.news.

Dikatakannya, pelaksanaan AN 2023 tingkat SMP/sederajat mengacu pada peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 015/H/KP/2023 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2023.

“Penyelenggaraan AN 2023 meliputi serangkaian tahapan dan pelaksanaanya dimulai pada tgl 18 sampai 20 September 2023. Di Kotamobagu sendiri rangkaian pelaksanaannya di SMP Negeri 8 Kotamobagu dibuka pak Kadis Pendidikan,” ujarnya.

Dirinya berharap, pelaksanaan Asesmen Nasional jenjang SMP tahun 2023 ini, akan meningkatkan angka Litnum dan Sulingjar sehingga target yang menjadi kewajiban setiap tahun dapat tercapai.

“Harapan pelaksanaan AN Jenjang SMP Tahun 2023 adalah bisa tersajinya data pendidikan yang akurat untuk perbaikan mutu pendidikan khususnya di kota kotamobagu dan secara nasional. melalui Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi), Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa dan survei lingkungan belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan,” tandasnya.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar