Bimtek Penyusunan Peta Proses Bisnis Perangkat Daerah Dibuka

BNews, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menggelar kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) tentang Penyusunan Peta Proses Bisnis Perangkat Daerah, Rabu (25/10/2023).

Kegiatan yang digelar di Hotel Aryaduta Manado ini, dibuka Asisten III Pemkot Kotamobagu Moch. Agung Adati.

Melalui sambutannya, Agung Adati menyampaikan, bahwa bimtek yang digelar bersifat penting dan strategis guna meningkatkan efisiensi dan efektifitas sistem, proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien dan terukur pada masing-masing instansi.

“Penyusunan peta proses bisnis merupakan hal yang wajib dilakukan oleh perangkat daerah penyelenggara pelayanan publik, karena merupakan acuan yang menggambarkan hubungan kerja yang efektif dan efisien antar unit organisasi, guna menghasilkan kinerja sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan,” kata Adati.

Senada, Kabag Organisasi Setda Kota Kotamobagu, Ahmad Afandy Abasi menambahkan, untuk Kotamobagu sendiri sudah selesai merampungkan penyusunan peta proses bisnis level pemerintah kota.

“Tahap selanjutnya akan dilanjutkan penyusunan proses peta bisnis perangkat daerah. Hal ini karena selain merupakan salah satu indikator Reformasi Birokrasi, probis juga merupakan indikator penilaian SPBE dan menjadi acuan dalam pembuatan SOP,” ujarnya.

Adapun kegiatan yang menghadirkan narasumber dari KemenPAN-RB Hijrah Apriansyah tersebut, diikuti para peserta dari Organisasi Perangkat Daerah Pemkot Kotamobagu yang menangani perencanaan, SPBE, Inspektorat dan seluruh Kasubag Perencanaan. (*/Miranty Manangin)

Komentar