Lapas Manado Terendam Banjir, Ronald Lumbuun: Keselamatan Warga Binaan Paling Utama

BNews, SULUT – Hujan ekstrem sejak semalam terus mengguyur Kota Manado dan sekitarnya, sehingga mengakibatkan beberapa wilayah di daerah Nyiur Melambai ini terendam banjir.

Salah satunya banjir ikut merendam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kota Manado.

Kejadian itu pun, mendapat perhatian serius Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Utara Ronald Lumbuun.

Baca Juga:Over Kapasitas! Rutan Kotamobagu Mutasi 20 Warga Binaan ke Lapas Kelas II Manado

Ronald Lumbuun pun, langsung reaksi cepat dengan turun langsung ke lokasi banjir di Lapas Kelas II A Manado, Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara.

Orang nomor satu di Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara ini pun ikut didampingi jajaranya, seperti Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi John Batara, Kadiv Pemasyarakatan I Putu Murdiana, Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Rudy Pakpahan.

Selain itu, Kepala Bagian (Kabag) Program dan Humas Noldy Sahabati bersama Kasubbag Humas RB serta TI James Kaihatu.

Ronald Lumbuun mengatakan, kunjungan itu dilakukan untuk mengecek langsung kondisi Lapas.

Baca Juga:5 Warga Binaan Perempuan Dimutasi ke Lapas Tomohon

Selain itu, juga mengecek setiap bagian yang terendam banjir dalam Lapas. Bahkan, dirinya ikut meminta petugas untuk mengedepankan keamanan, terutama keselamatan para warga binaan.

“Dari hasil pantauan yang dilakukan, kami segera meminta petugas untuk mengedepankan keamanan dan keselamatan para warga binaan,” ujar Ronald Lumbuun, seperti dilansir Bolmong.News dari akun resmi Kemenkumham Sulut, Jumat 27 Januari 2023.

Selain itu, dirinya meminta agar petugas Lapas segera menyiapkan langkah-langkah antisipasi, dengan memitigasi risiko dalam menghadapi keadaan banjir.

“Pada pokoknya yang terutama keselamatan para warga binaan,” imbuhnya.

Baca Juga:Gubernur Olly Turun Langsung Pantau Sejumlah Titik Banjir di Kota Manado dan Sekitarnya

Ronald pun, dalam kesempatan tersebut ikut berkeliling melihat kondisi tiap sudut dan kamar hunian warga binaan dalam Lapas.

Ia pun berpesan, agar warga binaan dapat bisa menjaga ketertiban dan keamanan di dalam Lapas.

“Saya minta kepada penghuni untuk menjaga ketertiban dan keamanan di dalam Lapas, terutama mengantisipasi gangguan kesehatan pasca banjir,” aku Ronald Lumbuun.

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar