Kerahkan 9 Tim, Brimob Polda Sulut Bantu Evakuasi Korban Bencana Manado

BNews, SULUT – Tingginya curah hujan yang mengguyur di sejumlah wilayah Kota Manado  sejak malam, mengakibatkan bencana banjir bandang dan tanah longsor.

Reaksi cepat pun dilakukan Satuan Brimob Polda Sulawesi Utara (Sulut) dengan menyebar personilnya untuk melakukan penanggulangan korban banjir bandang dan tanah longsor di sejumlah wilayah di Kota Manado, Jumat 27 Januari 2023.

Satuan Brimob Polda Sulut pun menurunkan 9 tim untuk melakukan proses evakuasi dan penanggulangan bencana disejumlah titik lokasi.

Baca Juga:Gubernur Olly Turun Langsung Pantau Sejumlah Titik Banjir di Kota Manado dan Sekitarnya

Melalui Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulut Kombes Pol Brury Soekotjo Adhyakso Putro mengatakan, sedikitnya ada 9 tim yang disebar ke berbagai titik lokasi bencana.

“Kita menurunkan sebanyak 9 tim, dimana masing-masing tim beranggotakan 10 hingga 20 orang,” sebut Kombes Pol Brury, seperti dilansir Bolmong.News dari akun resmi Polda Sulut.

“Bahkan, perlengkapan peralatan SAR untuk membantu melakukan evakuasi korban bencana juga diturunkan ke lokasi,”sambungnya lagi.

Dansat Brimob Polda Sulut di sela-sela memimpin langsung proses evakuasi warga, tepatnya di Kelurahan Paniki Dua, Kecamatan Mapanget, hanya berharap cuaca ekstrem ini cepat berlalu.

Baca Juga:Lapas Manado Terendam Banjir, Ronald Lumbuun: Keselamatan Warga Binaan Paling Utama

Ia pun menyebut, lokasi bencana yang saat ini disambangi tim yaitu, Kelurahan Paniki Dua, Dendengan Luar, Jalan Ringroad, Kairagi, Paniki Satu, Kombos, Wonasa, Paal 4 dan Kecamatan Tuminting.

Saat ini juga, Tim SAR Detasemen Gegana tengah melaksanakan evakuasi Ibu dan Bayi yang terjebak banjir di lorong Bosowa Kairagi.

Proses evakuasi pun berjalan baik, kondisi Ibu dan Bayi dalam keadaan sehat.

Selain itu, personel juga melaksanakan evakuasi masyarakat dan kendaraan yang terjebak banjir akibat luapan air sungai di Jembatan Kilu Jalan A. A Maramis, Paniki Dua dan Dendengan Luar.

Baca Juga:Berpotensi Longsor dan Banjir, Masyarakat Kotamobagu Diimbau Waspada

Tak hanya itu, ia menambahkan, tim juga tengah melakukan evakuasi pohon tumbang di sejumlah lokasi di Kota Manado.

“Personel juga melakukan evakuasi sejumlah pohon tumbang yang terjadi di beberapa lokasi di Kota Manado, yaitu di Jalan Kairagi, di Paal 4 dan di Jalan Pandu-Adipura,” imbuhnya.

Ia berharap, cuaca ekstrem ini cepat berlalu, namun pihaknya tetap menyiagakan personel untuk siaga membantu penanggulangan bencana.

“Pasukan Brimob Polda Sulut siaga setiap saat jika dibutuhkan sewaktu-waktu untuk membantu melakukan penanggulangan bencana,” pungkasnya.

Editor : Wahyudy Paputungan

Komentar