Komjen Syarifuddin Dilantik Jadi MenPAN-RB

BOLMONGNEWS JAKARTA--Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Komjen Syafruddin menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

Syafruddin menggantikan Asman Abnur yang sebelumnya menjabat posisi tersebut.

Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Rabu (15/8/2018) pukul 10.09 WIB. Pelantikan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan SK pelantikan.

Jokowi kemudian membacakan sumpah jabatan yang diikuti oleh Syafruddin.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segal peraturan Perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Jokowi yang diikuti Syafruddin.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) hadir dalam pelantikan. Selain JK, sejumlah menteri kabinet kerja dan pejabat negara lainnya juga hadir antaranya Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan, Menlu Retno LP Marsudi, Menkeu Sri Mulyani, Menkum HAM Yasonna Laoly, Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang (OSO).

Syafruddin menjadi MenPAN-RB setelah Asman Abnur mengundurkan diri. Asman mengundurkan diri setelah partainya, PAN, memilih menjadi rival kubu Presiden Jokowi di Pilpres 2019.

Sementara jabatan Syafruddin sebagai Wakapolri akan diisi oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz.

“Wakapolri (akan dijabat) Idham,” kata Ketua DPR Bambang Soesatyo saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (15/8).

(Sumber: detiknews.com)

Komentar