Pusat Perbelanjaan di Kotamobagu Akan Dipasang Portal Elektrik

BolmongNews.com, Kotamobagu—Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kotamobagu berencana menggunakan sistem portal elektrik dibeberapa tempat. Seperti tempat hiburan, pusat perbelanjaan dan rumah sakit. Hal tersebut dilakukan untuk menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Dishub akan gunakan sistem portal elektrik seperti di kota besar untuk memaksimalkan PAD,” ungkap Kepala Seksi Perparkiran, Sultari Makalalag.

Ia mengungkapkan, PAD Dishub saat ini hanya berharap dari pendapatan Enam pos.

“Pendapatannya rata-rara per hai terkumpul Rp5 juta,” ungkapnya.

Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Kotamobagu, Hisam Paputungan, mengatakan, tahun ini target PAD retribusi parkir Rp1,8 miliar. Dimana lebih besar dari tahun 2017 sebesar Rp1,2 miliar.

Menurutnya, target tersebut tidak mungkin bisa dicapai hanya dengan mengharapkan retribusi yang didapatkan dari enam pos yang tersebar di kompleks pasar serasi.

Sejak bulan Januari hingga Agustus PAD dari parkir baru sekitar Rp 800 juta, rata-rata per bulan pendapatan dari enam pos Rp80 sampai 90 juta rupiah.

“Sehingga itu, kami harus memutar otak lagi, mencoba mencari pendapatan lain seperti tempat hiburan, pusat perbelanjaan, rumah sakit dan potensi lainnya. Nah rencananya kami akan memasang portal elektrik seperti yang diterapkan di Kota besar,” ujarnya. (ewin)

Komentar