oleh

Prioritas Utama Organisasi, Pegawai Imigrasi Kotamobagu Ikuti Pelatihan Kehumasan

KOTAMOBAGU – Salah satu anggota Tim Humas Kantor Imigrasi Kotamobagu bersama anggota Tim Humas yang berada di masing-masing Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara (Sulut), ikut menghadiri Pelatihan Kehumasan, di Hotel J’les Manado, Rabu, 13 Juli 2022.

Pelatihan Kehumasan tersebut merupakan Angkatan II yang digelar selama 3 hari berturut-turut di Lingkungan Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM Sulawesi Utara Tahun Anggaran 2022, dilaksanakan pada Rabu, 13 Juli hingga Jumat, 15 Juli 2022.

Kegiatan pun dibuka secara virtual oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM Kementerian Hukum dan HAM RI Asep Kurnia. 

Dalam sambutannya Kepala BPSDM Kumham RI menyampaikan, bahwa hak atas informasi menjadi sangat penting, karena makin terbuka penyelenggaraan negara untuk di awasi oleh publik dan penyelenggaraan negara tersebut makin dapat dipertanggung jawabkan.

Sehingga itu, menurutnya, dengan kehadiran seluruh peserta pelatihan ini, tentu merupakan bagian dari perubahan Kemenkumham dan pengelolaan media akan  menjadi program prioritas.

Ia pun menilai, hal ini juga merupakan bagian dari upaya Kemenkumham menghadapi pesatnya perkembangan teknologi informasi yang terus berkembang.

“Dunia media terus berkembang, seluruh jajaran Humas Satuan Kerja (Satker) yang ada di wilayah Kanwil Kemenkumham Sulut, diharapkan pandai mengelola komunikasi internal masing-masing Satker maupun eksternal dengan masyarakat,” ujarnya.

“Artinya di era teknologi informasi saat ini, menjadi humas di wilayah Satker Kemenkumham merupakan posisi yang dituntut untuk terus belajar dan berinovasi.

Untuk itu, tentunya diperlukan keterampilan yang senantiasa ditingkatkan sesuai dengan perkembangan teknologi informasi,” sambungnya.

Selain itu, lanjut Asep Kurnia menerangkan, Humas merupakan penghubung antara Satker dan masyarakat.

“Jadi, jika tidak memiliki kemampuan komunikasi yang memadai tentu akan menghambat pelaksanaan tugas di lapangan,” imbuhnya.

Mengakhiri sambutan Asep Kurnia pun mengingatkan kembali, tentang janji kinerja serta mengajak bagi para peserta pelatihan dan ASN Kemenkumham agar dapat terus meningkatkan kinerja di masing-masing Satker.

“Saya mengingatkan kembali agar mari kita bersama tingkatkan kinerja Kemenkumham untuk semakin pasti dan Berakhlak dalam upaya mendukung program pemulihan ekonomi nasional dan reformasi struktural, demi mewujudkan Indonesia Maju,” ajak Kepala BPSDM Kumham RI Asep Kurnia.

Terpisah, Kepala Kantor Imigrasi Kotamobagu Usman menyampaikan, bahwa dimana Humas diharapkan mampu menjaga organisasi dengan membangun relationship yang baik dengan publik.

Karena, kata Usman, Humas tujuannya adalah untuk memenuhi hak tahu publik serta mengakomodasi aspirasi masyarakat dan membangun citra positif Kementerian.

“Humas harus  bisa membangun opini publik yang positif, menetapkan standar pelayanan, memberikan informasi dengan cepat dan tepat waktu, menyediakan informasi dengan benar, Humas adalah cerminan dan organisasi,” sebut Usman.

Diketahui, turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala BPSDM, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Hukum dan Kerjasama Sekretariat Jenderal, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulut, Ketua KPID Sulut, para Kepala UPT Kanwil Kemekumham Sulut.

Adapun materi yang diterima para peserta pelatihan yaitu mengenai strategi Kehumasan dan media sosial pemerintahan hingga kode etik Humas Pemerintah. 

 

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar