oleh

Cuaca Ekstrem Warga Diminta Waspada

BOLMONGPemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong)  melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), menghimbau kepada seluruh warga untuk waspada bencana. 

Apalagi, perubahan cuaca dan iklim yang terjadi belakangan ini, sangat mengkhawatirkan.

Penjabat (Pj) Bupati Bolmong Limi Mokodompit melalui, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Syahril Mokoagow mengatakan, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bahwa cuaca saat ini sangat ekstrem.

Lebih khusus lagi warga masyarakat yang bermukim di wilayah sempadan sungai dan perbukitan, agar lebih meningkatkan kewaspadaan menghadapi ancaman potensi bencana.

“Bencana Hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, gelombang laut pasang dan bencana lainnya dengan kondisi cuaca seperti ini bisa saja terjadi kapan saja,” jelasnya.

Syahril mengungkapkan, bahwa dengan mencermati kondisi cuaca ekstrem yang terjadi saat ini, itu disebabkan adanya gangguan atmosfer berupa pusat tekanan rendah di wilayah Filipina.

Sehingga mengakibatkan, terbentuknya pola belokan angin (Konvergensi) dan kondisi tersebut memicu terjadinya kondisi hujan lebat dengan durasi yang lama. 

“Itu sebabnya, warga masyarakat diimbau untuk lebih berhati-hati dengan keadaan cuaca ekstrem seperti ini,” imbaunya.

 

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar