Pj Wali Kota Kotamobagu Terima Penghargaan Kota Peduli HAM Tahun 2023

BNews, KOTAMOBAGU — Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu kembali meraih penghargaan di penghujung tahun. Hal ini menyusul dengan diterimanya penghargaan Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tahun 2023.

Piagam penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia tersebut, diserahkan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey kepada Penjabat Wali Kota Kotamobagu Asripan Nani dalam peringatan Hari HAM sedunia ke-75, bertempat di Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Senin (11/12/2023).

Menurut Kabag Hukum Pemkot Kotamobagu Chandra Saniman, penghargaan untuk Pemkot Kotamobagu sebagai kabupaten/kota Peduli HAM dengan nilai 96,3 yang merupakan nilai tertinggi di Provinsi Sulawesi Utara.
“Pencapaian ini berkat sinergitas seluruh perangkat daerah Pemerintah Kota Kotamobagu dalam penyelenggaraan pelayanan publik berbasis HAM,” katanya.

Dikatakannya, penyelenggaran HAM merupakan amanat Pasal 71 dan 72 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM.

“Bahwa penyelenggaraan HAM merupakan kewajiban dan tanggung jawab pemerintah. Dimana, Kementerian Hukum dan HAM mendorong Pemerintah Kota dan Kabupaten untuk melaksanakan pelayanan publik berbasis HAM serta mendorong penyelesaian masalah HAM di daerah,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Kakanwil KemenkumHAM Sulawesi Utara Ronald Lumbuun, Sekprov Sulawesi Utara, Steve Kepel serta para Kepala Daerah se Sulawesi Utara.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar