Hadiri Pelantikan Pengurus KORMI, Ini Harapan Sekda Kotamobagu

BNews, KOTAMOBAGU — Sekretaris Daerah Kotamobagu Sofyan Mokoginta menghadiri pelantikan pengurus Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Kotamobagu periode 2023-2027, Senin (11/12/2023).

Dalam sambutannya, Sofyan menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ketua KORMI Sulut, Annie Dondokambey beserta jajaran di Kota Kotamobagu.

“Terima kasih atas kedatangan Ketua KORMI Sulut beserta jajaran di Kota Kotamobagu dengan sapaan adat daerah kami, dega niondon komintan,” kata Sofyan.

Sofyan berharap, dengan resmi dilantiknya jajaran pengurus KORMI Kota Kotamobagu dapat memajukan cabang olahraga yang bersifat rekreasi dibawah naungan KORMI.

“Ini olahraga rekreasi yang bisa dilakukan semua kalangan umur. Pemkot berharap pengurus KORMI Kotamobagu yang baru saja dilantik mampu menjalankan tugasnya dengan baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sofyan pun menyampaikan ucapan selamat kepada Ketua beserta jajaran pengurus KORMI Kota Kotamobagu.

“Selamat kepada ketua dan seluruh jajaran yang dilantik. Semoga apa yang menjadi harapan pengurus pusat, provinsi hingga daerah dapat dijalankan dengan baik, demi majunya olahraga ini di Kotamobagu,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua KORMI Kota Kotamobagu Yunita Lontoh menyampaikan, KORMI merupakan induk olahraga yang menanungi olahraga rakyat seperti permainan gundu, gasing, tarik tambang dan lain-lain.

“Tujuan adanya kepengurusan KORMI Kota Kotamobagu guna membangkitkan kembali olahraga rakyat yang sifatnya lebih ke rekreasi dan hiburan,” tutur Yunita.

Senada, Ketua KORMI Provinsi Sulawesi Utara Annie Dondokambey mengatakan, cabang olahraga dibawah naungan KORMI merupakan olahraga rekreasi dan tradisional.

Dimana seiring perkembangannya sudah ada beberapa cabor yang dipertandingkan secara nasional.

“Tercatat hingga saat ini secara nasional ada 85 jenis olahraga di KORMI. Untuk Sulawesi Utara ada 26 jenis olahraga namun yang aktif baru sebanyak 13 jenis,” ujarnya.

Untuk lebih berkembangnya cabang-cabang olahraga di bawah naungan KORMI, Annie pun meminta Ketua dan jajaran KORMI Kota Kotamobagu agar segera menginventarisir jenis-jenis olahraga rakyat yang ada di Kota Kotamobagu, untuk selanjutnya dipertandingkan.

“Dengan dibentuknya pengurus KORMI Kota Kotamobagu semoga akan lebih bertambah lagi jenis olahraga tradisional yang akan dipertandingkan. Selamat kepada pengurus yang dilantik semoga sukses dalam mengemban tugas kedepan demi kemajuan KORMI,” tandasnya.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar