KUA-PPAS APBD 2017 Segera Diparipurna

BOLMONGNEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu mengupayakan pembahasan pra Rencana Kerja Anggaran (RKA) tahun 2017 segera rampung, dan diparipurnakan di DPRD Kota Kotamobagu (KK) untuk tahap awal pembahasan KUA-PPAS APBD tahun 2017. Untuk menggenjot hal tersebut Sejumlah SKPD membahas pra RKA dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbangda) Bappeda Pemkot, Yarlis A Hatam ST ME.
“Kita rencanakan pembahasannya tuntas pada hari Rabu (esok,red) mendatang. Sejauh ini tinggal ada sekitar tujuh SKPD yang segera membahas. Supaya kita bisa segera rampungkan, dan menyusun KUA-PPAS untuk diserahkan ke DPRD untuk diparipurnakan tahap satu,” ungkapnya.
Saat disinggung mengenai tingkat kesulitan pembahasan pra RKA yang diketahui diperhadapkan pada OPD baru, Yarlis langsung menepisnya. Menurutnya, dengan system dan aplikasi yang digunakan Pemkot, pembahasan berlangsung lancar.
“Tidak ada kesulitan, meski pun ada OPD baru. Kita ditopang dengan system yang terstruktur dan juga aplikasi berupa E-Planning dan E-Budgeting,” tambahnya.
Untuk diketahui, pembahasan pra RKA yang digelar SKPD dan TAPD dipacu agar tepat sesuai waktu. Selain itu, SKPD diminta focus untuk perencanaan tahun 2017 yang berkaitan dengan investasi. Hal ini ditegaskan Wali Kota Kotamobagu, Ir Tatong Bara yang terus mengecek kesiapan SKPD, mulai dari penganggaran hingga pelayanan.
“Proses perencanaan merupakan poin utama dalam menjalankan roda pemerintahan. Oleh karena itu, saya terus memantau dan sering turun langsung untuk menyiapkan perencanaan di tahun 2017 sebagaimana tema tahun 2017 yakni tahun investasi,” kata Walikota. (tr01)

Komentar