Kejuaraan Menembak Piala Kajari Kotamobagu 2023 Dimulai

BNews, KOTAMOBAGU – Mewakili Wali Kota Kotamobagu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kotamobagu Marham Anas Tungkagi, menghadiri sekaligus membuka secara resmi Kejuaraan Menembak Piala Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kotamobagu 2023.

Kegiatan ini pun berlangsung di Satdion Gelora Ambang, Tepatnya di Kelurahan Biga, Kecamatan Kotamobagu Utara, Kota Kotamobagu, Kamis 27 Juli 2023.

Mengawali sambutan, Marham Anas Tungkagi menyampaikan permohonan maaf atas nama Wali Kota Kotamobagu Ir Tatong Bara yang belum berkesempatan menghadiri acara pembukaan kejuaraan, karena masih menghadiri agenda penting di Kota Manado.

“Mewakili pemerintah daerah dan pimpinan menyampaikan banyak selamat kepada perbakin dan seluruh panitia yang terlibat dalam Kejuaraan Menembak Piala Kajari Kotamobagu 2023 yang kali ini dilaksanakan di Kotamobagu,” ucap Anas.

Baca Juga:Wali Kota Kotamobagu Buka Sosialisasi Ranperwa Batas Desa dan Kelurahan 

Anas Tungkagi mengungkapkan, bahwa dalam 5 tahun terakhir, baru kali ini lomba digelar di Stadion Gelora Ambang, Kota Kotamobagu.

Bahkan, saat ini pemerintah daerah tengah berusaha untuk memusatkan kegiatan seluruh Cabang Olahraga (Cabor) di Gelora Ambang.

Dikatakan Anas, pada tahun 2022 telah diajukan. Demikian dengan harapan di tahun 2024 ada titik terang.

“Hal ini karena di Kota Kotamobagu banyak atlet, lebih khususnya lagi menembak,” sebutnya.

Dirinya pun mengakui, bahwa saat ini fasilitas penunjang untuk sebuah event masih kurang di daerah.

Baca Juga53.374 Jiwa Warga Kotamobagu Masuk DTKS Kemensos

“Olehnya, pimpinan daerah kita telah menindaklanjuti hal itu pada akhir 2022, mudah-mudahan tahun depan sudah ada titik terangnya,” sambung Anas lagi.

Dikatakannya, berangkat dari pengalaman Porprov yang digelar di Kabupaten Bolaang Mongondow lalu.

Ia menilai, Cabor menembak adalah salah satu cabang andalan Kontingen Kotamobagu.

Sehingga, kata Anas, dalam kejuaraan kali ini diharapkan akan melahirkan bibit-bibit atlet berprestasi yang nantinya mampu mengharumkan nama daerah di ajang-ajang selanjutnya.

“Saya dan kita semua tentu berharap melalui ajang kejuaraan menembak Piala Kajari ini, prestasi Cabor menembak atlet-atlet kita pada persiapan Porprov di Kota Manado mendatang, akan memberikan hasil terbaik dari Kontingen Kotamobagu,” harapnya.

Baca Juga: Bangun Sinergitas Antar Lembaga, KPU Boltim Kunjungi Kodim dan Kejari Kotamobagu

Demikian juga, pemerintah daerah dan KONI sangat mengapresiasi, terutama kepada keluarga besar Kejaksaan Negeri Kotamobagu yang telah menggagas kegiatan ini bersama Perbakin.

“Pada pokoknya, kedepannya, pemerintah daerah akan terus mensupport baik dana maupun peralatan untuk seluruh Cabor, termasuk menembak.

Diakhir sambutannya, diharapkan kegitan tersebut dapat berjalan suskes dan aman, hingga penutupan nanti.

“Selamat berlomba kepada seluruh peserta, mudah-mudahan turnamen ini mampu melahirkan para atlet yang tangguh kedepannya,” pungkas Anas Tungkagi.

Sementara, Kajari Kotamobagu melalui Kasie Intelejen Meidi Wensen mengatakan, pelaksanaan kejuaraan menembak ini bertujuan untuk mengakomodir hobi para pecinta olahraga menembak dibawah naungan Perbakin.

Baca JugaBerlangsung Sepuluh Hari, Pelatihan Manajemen Puskesmas Tingkat Kabupaten Bolmut Resmi Dibuka

“Kejuaraan ini juga diharapkan dapat menjadi ajang pencarian bibit-bibit yang dapat didorong menjadi atlet profesional dalam rangka mengharumkan nama daerah, khususnya Kota Kotamobagu, baik di kancah lokal, provinsi, nasional bahkan hingga internasional,” ujarnya.

Wensen juga menambahkan, jika kejuaraan ini akan berlangsung seru. Hal itu karena peserta juga diikuti atlet menembak dari luar daerah.

“Peserta dari luar daerah seperti Jawa dan Papua juga ambil bagian dalam turnamen ini,” bebernya.

Berikut kategori yang diperlombakan, kelas Prestasi Open yang terdiri dari Bunchrest 25 Meter Heavy Varmint WTABF dan Air Rifle Silhouette Multi Range 18-42 Meter.

Kemudian, kelas Fun Open, Benchrest 25 Meter serta kelas lokal BMR Fun Benchrest 41 Meter Monte.

Acara pembukaan ikut dihadiri, Ketua Perbakin Kota Kotamobagu Hari Edward Porung, Mewakili Dandim 1303/Bolmong Pasi OPS Kodim 1303/Bolmong Lettu CPL Jasim Lessy, mewakili Kapolres Kotamobagu Kabag Log Kompol Romel Pontoh, Pimpinan BUMD, Perbankan serta unsur pemerintah daerah di wilayah Bolaang Mongondow Raya.

Pelaksana lomba akan berlangsung selama 4 (empat) hari kedepan, mulai pada Kamis 27 hingga 30 Juli 2023.

 

Reporter : Miranty Manangin
Editor      : Wahyudy Paputungan

Komentar