oleh

Aplikasi Proletar Bakal Hadir di Kotamobagu, KNPI dan DP3A Kolaborasi Cegah Kekerasan Anak dan Perempuan

KOTAMOBAGU – Maraknya kasus yang melibatkan anak dan perempuan sebagai objek kekerasan, baik fisik maupun verbal yang terjadi belakangan ini, memantik perhatian serius dari DPD KNPI Kota Kotamobagu.

DPD KNPI Kota Kotamobagu mewajibkan dirinya untuk terlibat dalam kampanye-kampanye perlindungan anak dan perempuan.

Ketua DPD KNPI Kota Kotamobagu, Sandry Anugrah Mokoginta mengatakan, hal ini juga sebagai bentuk tanggung jawab sosial serta keseriusan KNPI, dalam mengawal program kerja Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, dibawah pimpinan Walikota Tatong Bara untuk mewujudkan Kotamobagu sebagai kota ramah anak.

Pelibatan DPD KNPI Kota Kotamobagu tersebut, yakni melakukan kerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A).

Di mana, DPD KNPI akan membantu DP3A dengan menghadirkan aplikasi program pelaporan tindak kekerasan anak dan perempuan atau diberi nama Proletar.

“KNPI dan DP3A akan berkolaborasi menghadirkan sebuah aplikasi pelaporan dan konsultasi yang responsif dan bisa diakses 1×24 jam,” ucap Sandri saat dikonfirmasi Bolmong.News, Kamis, 7 Juli 2022.

Sandri menjelaskan, bagi anak-anak yang ada di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal, jika mengalami kekerasan, perundungan bahkan pelecehan, dapat melapor via aplikasi Proletar ini dan direspon secara real time oleh DP3A.

“Aplikasi ini juga berfungsi sebagai wadah konsultasi dan konseling secara online, yang akan direspon oleh tenaga-tenaga profesional di lingkup DP3A, seperti psikolog anak dan Tim Hukum DP3A,” kata Sandri.

Sandri beraharap, semoga kerjasama ini bisa menjadi energi baru bagi KNPI dan DP3A,  untuk terus mengupayakan perlindungan hukum bagi anak dan perempuan.

“Serta menggalakan kampanye-kampanye anti kekerasan kepada seluruh anak bangsa yang ada di Kotamobagu,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas DP3A Virgina Olii mengatakan, sangat merespon niat baik KNPI Kota Kotamobagu.

“KNPI Kota Kotamobagu dan jajarannya sudah melakukan pertemuan dengan kami. Tentu kami sangat merespon program KNPI ini,” kata Virgina saat dikonfrimasi melalui telepon seluler.

Virgina mengungkapkan, dalam waktu dekat ini juga KNPI dan DP3A akan melakukan pertemuan lanjutan untuk membahas program tersebut.

“Masih ada pertemuan lanjutan tiga hari kedepan. Dari KNPI sendiri masih akan memaparkan dulu seperti apa Proletar itu,” kata Virgina.

Lanjutnya, DP3A sangat berterima kasih dan bersyukur adanya kepedulian KNPI untuk membantu.

“Kami siap untuk kerjasama ini. Insya Allah kerjasama ini akan terwujud dan tidak hanya sebatas wacana. Kami sangat berharap, ini merupakan inovasi juga untuk kami,” ucap Virgina.

Reporter: Erwin Makalunsenge

Komentar