Diduga Daging Sapi Mati Diracun Dijual Bebas, Polsek Bolangitang Berhasil Amankan Seorang Pria

HUKRIM – Upaya peredaran daging Sapi yang mati diracun, berhasil digagalkan Polisi. Peristiwa ini terungkap setelah warga Desa Binuanga, Kecamatan Bolangitang Timur melaporkannya ke Polsek Bolangitang.

Warga dan Pemerintah Desa Binuanga, sebelumnya telah berhasil mengamankan seorang lelaki (52) berinisial Bahar alias BH, warga asal Tontulow, Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolmut.

Pria paruh baya itu dicurigai warga tempat, menyusul berbagai peristiwa matinya sejumlah Sapi ternak secara mendadak di wilayah Kabupaten Bolmut.

Bahkan, modus pencurian ini diketahui merupakan gaya baru yang digunakan dengan cara memberikan racun berupa Air Baterai atau ‘Air Accu Aki’.

Tentunya, Sapi akan mati setelah meminum jenis Air keras ini.

Baca Juga:Depri Pontoh Lantik 34 Pejabat Lingkungan Pemkab Bolmut

Agar aksinya tak dicurigai warga, pelaku pun menggunakan mobil untuk menyisir berbagai tempat yang ada di wilayah Bolmut.

Peristiwa penangkapan pun dibenarkan Kepala Polsek (Kapolsek) Bolangitang AKP Junaidi Chandra Pulukadang.

Kapolsek mengungkapkan, aksi pencurian Sapi dengan cara menggunakan racun ini, diduga sudah dilakukan pelaku beberapa kali selama 1 bulan lebih.

Namun, ia tak menapik baru berhasil mengungkap peritiwa ini, setelah menyusul adanya laporan warga setempat.

Dari hasil introgasi Polisi, pelaku pun diduga dengan sengaja meracuni Sapi milik warga, kemudian daging tersebut ditawarkan untuk dibeli dengan harga murah.

Baca Juga:Balai BP2MI Sulut Fasilitasi Pemulangan PMI Bermasalah asal Gorontalo

Bahkan, pelaku ini diduga telah melakukan modus yang sama diberbagai lokasi berbeda dengan jumlah korban 13 Ekor Sapi.

Diantaranya, Desa Buko 2 Ekor Sapi, Desa Tontulow 2 Ekor Sapi, seputaran RM Tepi Laut 1 Ekor Sapi, Desa Ollot 2 Ekor Sapi, Desa Binjeita  1 Ekor Sapi, Desa Binuni 1 Ekor Sapi, sekitar Pasar Boroko 1 Ekor Sapi, Desa Saleo 2 Ekor Sapi dan Desa Binuanga 1 Ekor Sapi.

Adapun kronologinya, kata Kapolsek, bermula pada Rabu 19 April 2023, sekita Pukul 07.00 Wita, tepatnya di jalan Trans Sulawesi, Desa Binuanga, Kecamatan Bolangitang Timur.

Pria tersebut ternyata sudah mengincar sejumlah Sapi yang diikat di pinggir jalan.

Saat itu, satu ekor Sapi yang ditinggal pemilik disebuah perkebunan berhasil jadi sasaran.

Baca Juga:Wali Kota Terima Kunjungan Safari Ramadhan Wakil Gubernur Sulut

Hanya bermodalkan sebotol Air Aki,  terduga pelaku pun meminumkannya kepada Sapi tersebut. Tak butuh waktu lama, hanya 10 menit ternak itu langsung mati.

Sambil menunggu pemilk Sapi ke lokasi, pria paruh baya ini yang menggunakan Mobil Avanza Hitam, DM 1461 AB, berpura-pura sedang memperbaiki mobil di jalan dengan alasan sedang mogok.

Selang beberapa menit, pemilik Sapi tiba ke TKP. Namun ia terkejut yang dilihatnya ternyata hewan ternaknya sudah menjadi bangkai.

Tak merasa curiga, korban pun memberitahukan kepada pelaku saat itu, bahwa sapinya telah mati.

Terduga pelaku yang tengah berpura-pura memperbaiki mobilnya, langsung menanggapi dan menawarkan  untuk membelinya. Namun dengan harga murah.

Baca Juga:Kepala Desa Nuangan Satu Temukan Anaknya Tewas Gantung Diri

Setelah bernegosiasi, akhirnya terjadi kesepakatan. Sapi yang telah mati tersebut olehnya dibayar 2 juta.

Saat itu muncul rasa curiga dengan keberadaan terduga pelaku. Pemilik kemudian menghubungi keluarga dan pemerintah Desa Binuanga. Tak lama kemudian datang, terduga kemudian diintrograsi.

“Pria ini pun mengaku, bahwa benar dirinya dengan sengaja telah meracuni Sapi itu,” ungkap Kapolsek

Anggota Polsek Bolangitang yang menerima laporan atas kejadian itu, kemudian langsung mengamankan yang bersangkutan.

“Pelaku sudah kami amankan. Selanjutnya akan diproses hukum lebih lanjut,” tegas Kapolsek Bolangitang.

Terkait modus ini, para pemilik Sapi ternak diminta untuk lebih berhati-hati lagi mengikat maupun meninggalkan ternaknya.

Reporter : Muchtar L Harundja

Editor     : Wahyudy Paputungan

Komentar