oleh

Tiga Puskesmas di Boltim Bakal Dinilai Tim Kementrian

BolmongNews.com, BoltimKepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Eko Marsidi mengatakan, ada tiga Puskesmas pada 2019 ini akan dinilai tim dari Kementrian Kesehatan.

Tiga Puskesmas itu yakni Puskesmas Modayag Barat, Puskesmas Moat dan Puskesmas Buyat.

“Tiga Puskesmas itu nantinya akan dinilai oleh tim dari Kementrian Kesehatan apakah masuk akreditas atau tidak,” kata Eko.

Menurut Eko, penilaian itu guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyrakat, termasuk pengakuan terhadap hasil dari proses penilaian kesesuaian proses dengan standar yang berlaku.

“Syarat untuk mendapatkan akreditas, Puskesmas harus meningkatkan pelayanan di bidang administrasi dan manajemen, usaha kesehatan perorangan dan usaha kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Sebelumnya lanjut Eko, sudah ada Empat Puskesmas yang di Boltim telah mendapatkan akreditas. Yakni Puskesams Tutuyan, Modayag, Nuagan dan Puskesmas Kotabunan. Namun untuk Puskesmas Tutuyan mendapat akredias Madya, sedangkan tiga Puskesmas lainya akreditas dasar.

“Walaupun Puskesmas Tutuyan tergolong Puskesmas pedesaan non rawat inap, namun terus berupaya akan meningkatkan mutu pelayanan seusai standar Puskesmas rawat inap,” paparnya.

Dilanjutkannya, langkah persiapan menuju akreditasi Puskesmas sebenarnya sudah dilakukan Dinkes Boltim bersama Puskesmas lainnya.

Menurut Eko, manfaat akreditasi adalah memberikan keunggulan kompetitif, memperkuat kepercayaan masyarakat dan menjamin penyelenggaraan pelayanan kesehatan bagi pasien dan masyarakat. Tambahnya, kreditasi Puskesmas sangat penting sebagai tolok ukur pelayanan publik di bidang kesehatan.

“Jika mampu memberikan pelayanan sesuai standar yang telah ditetapkan, maka semuanya akan berjalan dengan baik. Kalau kepercayaan masyarakat meningkat, pasti partisipasi terhadap bidang kesehatan juga akan meningkat,” tutupnya. (Mg-01/ewin)

 

Komentar