oleh

Begini Sistem Penilaian Seleksi Calon Anggota BPD  

BOLTIM – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DMPD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mengakatakan, bahwa sebanyak 254 peserta calon anggota Badan Pemerintah Desa (BPD) dari 38 Desa, hari ini akan mengikuti tes lanjutan yakni wawancara, Kamis 19 Mei 2022.

“Para calon anggota BPD akan mengikuti tes wawancara dan kemampuan komunikasi,” kata Kepala DPMD Boltim Hendra Tangel.

Menurutnya, para calon anggota BPD nantinya akan di tes wawancara oleh panitia, dan mengukur kemampuan komunikasi dan skil dari masing-masing peserta.

Bahkan dirinya, ikut menjelaskan sistem penilaian panitian di masing-masing tes yang diikuti para peserta calon anggota BPD.

Ia menyebutkan, bahwa setiap tes mempunyai bobot nilai tersendiri.

“Untuk tes tertulis bobot nilainya 40, sedangkan tes wawancara bobot nilainya 30 dan kemampuan komunikasi bobot nilainya 30,” sebut Hendra.

Hendra Tangel pun berharap, dengan melalui tahapan tes yang akan dilakukan, muda-mudahan akan menghasilkan calon anggota BPD yang memiliki kualitas serta kemampuan yang mumpuni dari segi SDM.

“Karena kedepannya, ketika mereka menjadi anggota BPD tentu dapat membantu dan bekerja sama dengan Pemerintah Desa (Pemdes),” harapnya.

“Karena anggota BPD adalah merupakan mitra kerja Pemdes,” sambung Hendra.

Sekadar informasi, sebanyak 254 peserta calon anggota BPD dari 38 Desa, di Kabupaten Boltim, telah mengikuti ujian tes tertulis yang dipusatkan di SMP N 1 Tutuyan, pada Rabu 18 Mei 2022.

 

(Gazali Potabuga)

Komentar