Sangadi Pilolahunga Ramlin Djauhari Bersama Perangkat Ikut Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa

BOLSEL–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Desa (PKD) yang dilaksanakan di Hotel Aston Kota Manado.

Bimtek tersebut dibuka langsung Oleh Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid didampingi Asisten 3, kadis PMD Ramlin Abdul Majid, para Camat dan tim pemateri.

Pelaksanaan Bimtek tersebut dimulai sejak tanggal 1- 7 Maret 2022 yang diikuti oleh 81 Desa se- Bolsel. dan terbagi di 3 sesi pelaksanaan.

Pemerintah Desa (Pemdes) Pilolahunga salah satu desa yang mengikuti PKD tersebut dengan 5 orang peserta bimtek, yakni Sangadi, Sekdes, Kaur Keuangan, BPD dan Operator Siskeudes.

Sangadi (Kepala Desa) Ramlin Djauhari saat dihubungi oleh media Bolmongnews, menjelaskan, Bimtek ini untuk penguatan kepada para perangkat desa, agar bisa memahami serta mampu untuk mengelola keuangan APBDes dengan baik dan penuh tanggung jawab.

“Kegiatan ini dibuat untuk lebih meningkatkan kapasitas dan kinerja perangkat dan Lembaga desa sehingga akan memperkuat fungsi BPD dalam pengawasan anggaran APBDes,” tutur Ramlin Minggu 06 Maret 2022.

Ramlin menambahkan dalam bimtek tersebut membahas berbagai macam persoalan regulasi, baik penyusunan dan pertanggung jawaban APBDes, aplikasi Siskeudes, mekanisme pemotongan pajak, pengawasan Dana Desa, penyusunan produk hukum desa, serta evaluasi laporan keuangan desa.

Ia pun berharap, semoga materi yang disampaikan oleh pemateri bisa diaplikasikan dalam penyusunan APBDes, agar nantinya semua aturan dalam pelaporan administrasi keuangan berjalan sesuai dengan perundang undangan.

“Pesannya di akhir masa kepemimpinan ini mari kita jaga persatuan dan kebersamaan diantara kita. Untuk kembali berjuang bersama sama dengan semangat gotong royong itu yang terus dipupuk dan di jaga,” tandasnya. (Wawan Dentaw)

Komentar